Terdampak Kabut Asap, Ratusan Balita Terima Bantuan

Banyuasin205 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN – Ratusan balita yang terdampak akibat bencana kabut asap di Kelurahan Mariana, Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), pada kamis (21/9/2023), menerima santunan langsung dari Kepala Puskesmas dan Lurah Mariana.

Bantuan yang diberikan berupa Susu kacang hijau dan gizi, diberikan secara simbolis kepada 30 balita korban kabut asap.

“Apa yang kami berikan ini sebagai salah satu bentuk rasa turut simpati kepada para Balita yang setiap harinya bisa menghirup asap. Meski tidak dapat mengembalikan yang telah terjadi semoga dapat bermanfaat untuk bapak dan ibu sekalian,” kata Kepala Puskesmas Mariana, Isferiyanto.

Baca Juga :  Tugu Soekarno di Banyuasin Jadi Sorotan, Wajah Tembam dan Postur Tubuh Berisi

Dalam kesempatan itu, Isferiyanto didampingi pejabat Kelurahan Mariana beserta keluarga korban. Ia juga meminta keluarga balita bilamana ada gejala batuk segera cepat bawa ke Puskesmas.

Yesi Marcela (24), salah satu ibu balita mengatakan, kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini, sudah sangat terasa saat menghirup udara di pagi dan malam hari.

“Anak saya Ratu Agnesia baru 1,5 tahun, merupakan salah satu korban kabut asap di Kelurahan Mariana,” ungkap Yesi.

Hingga kini ada lika warga yang terjangkit ISPA di Kelurahan Mariana, dan ada ratusan hingga ribuan warga kena dampak dari kabut asap.

Baca Juga :  Hadapi Pemilu 2024, Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh Gelar Pelatihan Linmas 

Kabut asap yang terjadi salah satunya di Banyuasin dengan tingkat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di ambang tidak sehat bagi kesehatan, khususnya bagi masyarakat yang berpotensi tinggi seperti anak-anak, orang berusia dan penderita gangguan pernafasan.

Untuk meminimalisir dampak buruk kabut asap, pemerintah menyiapkan langkah-langkah evakuasi jika kondisi udara memburuk dan salah satunya dengan opsi menyediakan alat penyaring udara (air purifier).

Tim Kesehatan Puskesmas mariana dan Kelurahan mariana banyu asin hingga kini sudah menyiapkan segala sesuatunya dan antisifasi dari segala lini.

Baca Juga :  Patroli Siang, Sat Samapta Polres Banyuasin Sasar Area Kantor Bupati Banyuasin

Dengan banyak nya kebakaran lahan gambut dan semak belukar di banyu asin, Tim dari Tni Polri BPBD dan Pemerintah sudah bahu membahu untuk mematikan api ,sehingga kabut asao bisa bekurang. (ANA)

    Komentar