oleh

Megalith Go To School, Kenalkan Siswa dengan Peninggalan Sejarah

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Upaya mengenalkan budaya serta peninggalan sejarah kepada pelajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pagar Alam menggelar megalith go to school kepada siswa-siswi SMP se-Kota Pagar Alam.

Seperti halnya yang dilakukan di SMP Negeri 8 Pagar Alam yang dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Cholmin Heriyadi, Senin (13/9/2021), yang langsung melakukan kunjungan ke situs-situs megalith yang ada di Pagar Alam.

“Program ini, sudah lama ingin dilaksanakan, tapi dengan berat hati harus tertunda karena situasi pandemi, dan saat ini kita mulai laksanakan, dengan adanya kegiatan ini kita coba kenalkan ke anak-anak peserta didik budaya dan pengenalan peninggalan sejarah di Pagar Alam,” ujar Cholmin.

Kenapa dimulai dari anak-anak peserta didik, kata Cholmin, karena merekalah yang nantinya akan menjadi corong dan mengenalkannya nanti ke dunia luar. “Dengan kegiatan ini kita juga melestarikan budaya yang ada sekaligus menggali lebih dalam, akan peninggalan-peninggalan sejarah,” imbuhnya.

Dari kegiatan ini pula, tambah Cholmin, pihaknya akan mengadakan program untuk mengajarkan peninggalan-peninggalan sejarah ini, seperti peninggalan arca atau megalith-megalith ke Sekolah.

“Ada tim dari kita yang akan mengajarkannya ke Sekolah-sekolah. Ini kita kenalkan seperti yang ada di Rumah Batu dan Batu Terlilit Ular di Tanjung Aro, serta arca-arca yang ada di Tegur Wangi dan Tebing Tinggi,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya