BLT DD Diharap Dapat Meringankan Kebutuhan KPM

Banyuasin428 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN — Guna percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, Pemdes Pagar Bulan Kecamatan Rantau Bayur, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2023.

BLT DD tahap III ini Periode bulan Juli, Agustus, dan September. Yang mana dalam penyalurannya langsung kerumah – rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Sekdes dan KAUR Keuangan Desa Pagar Bulan.

Kades Pagar Bulan Kurnaidi mengatakan, BLT DD ini disalurkan kepada 40 KPM sesuai dengan yang telah ditetapkan.”Penyalurannya door to door langsung kerumah – rumah KPM,” kata Kades Kurnaidi.

Baca Juga :  Polsek Sungsang Amankan Pelaku Pencurian Tanki Air PDAM Tirta Betua Unit Sungsang

Dijelaskan Kurnaidi, BLT DD tahap III ini Periode bulan Juli, Agustus, dan September.”Jadi total seluruhnya masing – masing KPM untuk tiga bulan menerima Rp900.000,00,” ungkap dia.

Ia berharap agar bantuan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan berharap dengan adanya Program BLT DD ini dapat meringankan kebutuhan KPM terlebih lagi dapat meningkatkan taraf kehidupan KPM kedepannya.

Kurnaidi menuturkan, bahwa BLT-DD tahun 2023 ini berbeda dengan BLT-DD tahun sebelumnya.”Kalau di tahun 2023 BLT-DD sudah ditentukan minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari jumlah Dana Desa yang diterima tahun 2023,”beber dia.

Baca Juga :  Bupati Askolani Kukuhkan 38 Orang Tim Teknis Pilkades E- Voting Tahun 2023

Selain itu, lanjut dia, BLT-DD tahun ini bukan untuk pandemi Covid-19, melainkan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Kemiskinan ekstrem adalah kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, yaitu makanan, air bersih.

Kemudian, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan dan akses informasi terhadap pendapatan dan layanan sosial.”Seseorang dikategorikan miskin ekstrem jika biaya kebutuhan hidup sehari-harinya berada di bawah Rp10.739/orang/hari,”urai dia.

Dengan disalurkannya BLT DD ini Keluarga Penerima Manfaat sangat berterima kasih kepada pemerintah. “Kami sangat berterimah kasih kepada Pemerintah Desa Pagar Bulan yang telah menyalurkan bantuan ini,”ucap salah seorang KPM. (Adm)

    Baca Juga :  Kapolsek Betung Cek Langsung Kesiapan TPS Pilkades di Desa Biyuku dan Desa Bengkuang

    Komentar