Terpantau Titik Hotspot di Desa Gasing, Satgas Karhutla Langsung Cek Lokasi 

Banyuasin174 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN –Sebelumnya beberapa hari yang lalu telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di jalan TAA Desa Gasing Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.

Atas kejadian itu, Satgas Karhutla Polres Banyuasin selalu memantau lokasi tersebut. Karena wilayah itu dianggap sangat rawan karhutla. Untuk itu Satgas Karhutla selalu siap siaga.

Hal ini disampaikan Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kasi Humas Polres Banyuasin Iptu Sutedjo saat dimintai konfirmasinya, Minggu (1/10).

“Satgas Karhutla Polres Banyuasin sampai saat ini terus memantau lokasi tersebut karena di wilayah TAA Desa Gasing tersebut memang rawan karhutla,” kata Sutedjo.

Baca Juga :  Pj Bupati Banyuasin Himbau Stakeholder Tingkatkan Antisipasi Karhutla

Dia juga menyampaikan, berdasarkan laporan dari Satgas Karhutla, kemarin pada Selasa (26/9) jam 12. 00 WIB, kembali terpantau satu titik hotspot di jalan TAA Desa Gasing

“Satgas Karhutla bersama TNI, BPBD, MPA, dan Kades Gasing turun langsung cek lokasi tersebut untuk melakukan pemadaman api,” ujar dia.

Menurut Sutedjo, pemadaman api dengan menggunakan 2 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit mobil damkar, 1 unit tangki air, dan 1 unit mobil AWC Polres Banyuasin”Api dapat dipadamkan namun masih menyisakan titik api,” jelas dia.

Baca Juga :  Pj Bupati Banyuasin Himbau Stakeholder Tingkatkan Antisipasi Karhutla

Dari kejadian ini Satgas Karhutla Polres Banyuasin melakukan pemeriksaan terhadap pemilik lahan, kades, saksi-saksi, pemasangan Police line, amankan BB, tangkap pelaku, dan gelar perkara.

Selain itu Satgas Karhutla terus melakukan sosialisasi dan penyebaran maklumat larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan di wilayah Kab. Banyuasin.

Juga melakukan patroli Karhutla dengan pemerintah setempat dalam rangka mengantisipasi tempat – tempat rawan titik api agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kami tegaskan melarang warga membuka hutan dan lahan dengan cara membakar serta, agar warga di musim panas atau kemarau dapat mewaspadai api dan kebakaran hutan dan lahan,” pungkas dia. (Adm)

    Baca Juga :  Pj Bupati Banyuasin Himbau Stakeholder Tingkatkan Antisipasi Karhutla

    Komentar