Ratu Dewa Launching Rumah Aspirasi: Tempat Pengaduan, Edukasi, Hiburan Masyarakat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG- Pagi hari menjemur ketupat. Sambil duduk minum kopi pekat. Mari datang sampaikan pendapat. Rumah Aspirasi tempatnya rakyat.

Pantun di atas mengawali sambutan dan pengarahan Wali Kota Palembang Ratu Dewa, di acara launching Rumah Aspirasi, di rumah dinas wali kota, Senin (27/5/2025).

Dewa mengatakan, rumah dinas menjadi rumah aspirasi merupakan tindak lanjut dari program Ratu Dewa Prima Salam (RDPS), dengan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai pelaksana.

“Di samping melalui media sosial, ada keinginan kuat dari masyarakat. Cakmano nian (seperti apa) rumah dinas wali kota. Karena itu, ruang ini kami buka seluas-luasnya. Paling tidak, konsep awalnya masyarakat merasakan, seperti ini rumah dinas,” ujar Dewa.

Baca Juga :  Wali Kota Palembang Ratu Dewa secara resmi meluncurkan 50 titik WiFi gratis bagi masyarakat.

Sesuai namanya, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi mereka kepada Pemkot Palembang di tempat ini. Ada pula tempat berswa foto dan tempat bermain anak di bagian belakang Rumah Aspirasi ini.

“Bagian ruang tengah tetap kita pertahankan sebagai heritage cagar budaya. Untuk di ruang belakang, samping kiri dan kanan merupakan tempat masyarakat menyampaikan aspirasi,” ujar Dewa.

Ia juga menambahkan, aspirasi tersebut berupa pengaduan dan informasi mereka dalam bentuk apa pun juga.

“Di sini ada tempat stan pelayanan secara langsung yang dikenal dengan program kita Keluhan Ada Langsung Kelar (Kelakar).”

Selain itu, juga ada tempat lain yang disediakan seperti ruang publik yang diciptakan untuk memberikan sarana hiburan dan edukasi bagi generasi Z dan milenial.

Baca Juga :  Evolusi Brand Legendaris SIMPATI di Momen 30 Tahun Telkomsel untuk Majukan Indonesia, Selebrasi "30 Tahun, 30 Kejutan" bagi Seluruh Pelanggan

“Saya menginginkan rumah dinas ini tidak menjadi sakral. Siapa pun boleh masuk ke sini. Selain itu juga di dalam terdapat stan pelayanan dokumen kependudukan, sosial,kesehatan dan kependidikan,” Dewa menuturkan.

Ia juga meminta ketua RT dan RW menyosialisasikan keberadaan Rumah Aspirasi ini kepada warganya.

“Silahkan menyampaikan aspirasi di sini. Bisa juga lewat kanal-kanal kita di sosial media.”

“Saya harap seluruh program RD PS yang sudah diselenggarakan oleh OPD untuk benar-benar dijalankan. Jangan sampai sudah diresmikan kemudian ditinggalkan,” ujar Dewa.

Ia menutup sambutan dan pengarahannya dengan pantun:

Minum teh di pagi hari. Disanding kue talam manis sekali. Rumah Aspirsi terbuka setiap hari. Untuk mendengar suara rakyat kota ini.

Baca Juga :  Pemkot Palembang Sediakan Bantuan Hukum Gratis untuk Masyarakat

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang Adhi Zahri, menambahkan, saat ini sudah ada laporan yang masuk dan sudah ada juga yang ditindak lanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Kami berharap peran serta masyarakat dalam pembangunan Kota Palembang, menjadi mata dan telinganya kami, dan dengan dukungan masyarakat,” ujar Adhi.

“Melalui laporan-laporan, informasi, saran dan ide, kami yakin pelayanan akan lebih optimal. Pembangunan akan lebih baik dan kami menyadari sepenuhnya bahwa pembangunan ini harus dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat,” pungkas Adhi Zahri.

    Komentar