Pemerintah RI Verifikasi Usulan Tanda Kehormatan Stayalencana Wirakarya untuk Bupati Banyuasin

Banyuasin668 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN – Bupati Banyuasin H Askolani SH MH menyambut Kunjungan Kerja Tim Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Hal ini dalam rangka verifikasi dan peninjauan lapangan usulan tanda kehormatan Satyalancana Wirakarya dalam Acara Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) di Kabupaten Banyuasin bertempat di Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Rabu (14/6).

Dinilai telah memberikan darma baktinya dan berbagai terobosan dalam pembangunan yang besar kepada daerah Kabupaten Banyuasin, Bupati Askolani saat ini telah dinobatkan sebagai Calon Penerima Tanda Penghormatan Penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden RI.

Saat menerima tim Satyalencana Wirakarya dalam acara Harganas Tahun 2023, Bupati Askolani memaparkan keberhasilan yang telah dicapai dalam program penurunan stunting.

Keberhaseringkat 1 Kabupaten atau Kota terbaik se-Sumsel pada penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2022 oleh Ditjen Bina Bangda Kemendagri, terbaik kedua Kabupaten atau Kota tercepat dalam pembentukan tim pendamping keluarga tingkat Provinsi Sumsel.

“Tentunya ini kabar yang patut membanggakan untuk Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banyuasin, dibuktikan dengan menerima kunjungan tim verifikasi dan peninjauan lapangan usulan tanda kehormatan Satyalencana Wirakarya dalam acara Harganas tahun 2023 oleh Sekertariat Militer Presiden (Setmilpres) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI,” ucapnya.

Adapun penghargaan terkait pelayanan KB yakni penghargaan atas dukungan dan fasilitasi dalam kegiatan pelayanan KB sejuta akspektor oleh Kepala BKKBN RI, terbaik ketiga Provinsi Sumsel kategori capaian target pelayanan KB kelompok l (target >=4000 akseptor) pada kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Harganas ke-29 tahun 2022 dan penghargaan atas dukungan fasilitasi dalam kegiatan gerakan serentak uji coba pelayanan KB MKJP menggunakan DAK BOKB TA 2021.

“Tetap kita prioritaskan program bangga kencana di Kabupaten Banyuasin demi kualitas hidup masyarakat untuk menuju Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera. Tentunya juga dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif maka dari itu perlu upaya penguatan kader IMP (institusi masyarakat pedesaan dan perkotaan),” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Penyiapan Keputusan GTK Sekretariat Militer Presiden, Gian Martika Kuswandi SE MM dalam paparannya menjelaskan bahwa dalam melakukan verifikasi dewan berkoordinasi dengan menteri, pimpinan lembaga negara, dan lembaga pemerintah non kementerian.

Hal ini terkait kewajiban memberikan data, dokumen atau keterangan lainnya yang diperlukan yang diminta oleh dewan. Verifikasi lapangan merupakan proses pemeriksaan kebenaran dan kesesuaian antara karya, inovasi yang diusulkan dengan data bukti yang disajikan saat pelaksanaan peninjauan.

“Satyalencana Wira Karya berjasa dalam memberikan darma baktinya yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia dapat dijadikan teladan bagi orang lain juga satyalencana pembangunan berjasa terhadap negara dan masyarakat dalam lapangan pembangunan negara,” katanya.

Turut hadir Analis Kepegawaian Ahli Muda Setmil Presiden RI Akbar Ali Putra SH, Pranata Humas Ahli Muda BKKBN RI Duly Apika Sari SSos MEd, Pemelihara Dokumen Hubungan Antar Lembaga BKKBN RI Ngadi.

Hadir juga Dandim 0430 Diwakili Kasdim Mayor Arh. Marsito, Sekretaris Daerah Banyuasin Ir Erwin Ibrahim, ST MM MBA, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, Para Kepala OPD Pemkab Banyuasin, dan Pimpinan Bank Sumsel Babel Pangkalan Balai. (*)

    Komentar