Pastikan Kesiapan Sarpras, Polres Banyuasin Siap Pengamanan Pemilu 2024

Banyuasin170 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN – Kepolisian resor (Polres) Banyuasin Polda Sumsel, menyiapkan diri untuk pelaksanaan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024. Operasi ini digelar untuk pengamanan pemilihan umum (pemilu) 2024.

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata Musi 2023 – 2024 yang diikuti PJ Bupati Hani Syopiar Rustam, Ketua Dprd Kab Banyuasin Irian Setiawan, Ketua KPU Kab. Banyuasin Nurul Mubarok, Ketua Bawaslu Amredi, dan Fkpd Kab. Banyuasin.

Sebagai salah satu bentuk persiapan, Polres Banyuasin melaksanakan Apel Gelar Sarana Prasarana (Sarpras) dan Kendaraan Dinas, bertempat di halaman apel Mapolres Banyuasin, Selasa (17/10).

Dalam penyampaiannya Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK menekankan pentingnya pengecekan personil dan kesiapan pendukung pelaksanaan tugas jajaran kepolisian ini.

“Kami tidak boleh mengabaikan kesiapan sarana dan prasarana, serta kelaikan kendaraan dinas. Operasi ini adalah bagian integral dari tugas kami dalam menjaga keamanan masyarakat,” ujar Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres meminta jajaran Polres Banyuasin bekerja dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan Operasi Mantap Brata Musi dengan baik. Ia mengingatkan juga seluruh personel selalu menjaga kedisiplinan dan keselamatan, serta mematuhi aturan dan prosedur operasi.

Kapolres menegaskan, sinergi dan koordinasi yang baik di antara seluruh personel Polres Banyuasin dapat menjadi kunci dalam keberhasilan Operasi Mantap Brata Musi 2023-1024. “Semoga operasi ini berjalan lancar dan sukses,” ucap dia.

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK juga menjelaskan bahwa apel gelar pasukan Operasi Mantab Brata Musi 2023-2024 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Kapolres menuturkan, pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi di indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

“Melihat pentingnya hal tersebut maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna mensukseskan pemilu 2024,” imbuh dia

Pemilu 2024 memiliki kompesitas tersendiri karena diselenggarakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luah, geografi yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

oleh sebab itu Kapolres berujar guna mengamankan pemilu 2024 maka polri didukung mitra strategis TNI, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar operasi mantab brata 2023 – 2024.

“Operasi dilaksanakan selama 222 hari sejak tanggal 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personil di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan” jelas dia.

Kemudian jelasnya, polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi korps brimob polri dan dalmas nusantara. Dimana korps brimob polri dibagi dalam 4 wilayah dan untuk dalmas nusantara terbagi dalam 7 zonasi.

Sebagai dukungan operasi mantab brata 2023 – 2024 polri juga menggelar operasi nusantara untuk membangun persatuan dan kesatuan serta kemjuan bangsa di atas kepentingan kelompok.

Operasi Mantab Brata Musi tentunya diiringi penguatan strategi penguatan komunikasi publik untuk memberikan sosilisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasi menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, ikut bepartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada pemilu 2024 serta masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah dilakukan.

Pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata Musi 2023 – 2024 terdapat penekanan kapolres Banyuasin diantaranya :

1. Tingkatkan Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa dan semoga Tugas pengamanan ini menjadi amal ibadah

2.Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi sarana prasana serta dapat mendukung kesiapan operasi

3.laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab humas dan profesional

4.Pimpinan setiap tingkatan harus turun langsung kelapangan untuk melaksanakan pengawasan pada anggotanya masing masing

5. Lakukan pengaturan jadwal pengamanan sehingga kesiapan personil dalam kondisi prima

6. Tingkatkan sinegritas antar seluruh personil pengamanan karena hal tersebut kunci utama keberhasilan operasi

“selamat bertugas kepada personil yang bertugas mari bersama sama kita amankan pemilu 2024 demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang kita cita citakan bersama,” Tutup dia.

    Komentar