Minta Hujan, Polres Banyuasin Gelar Shalat Istisqo

Banyuasin188 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN — Kemarau panjang melanda yang terjadi sudah kurang lebih empat bulan terakhir ini, Polres Banyuasin gelar shalat Istisqa atau Shalat meminta hujan di halaman Mapolres Banyuasin Polda Sumsel, Jum’at (13/10) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan Shalat Istisqa berjamaah ini diinisiasi oleh Polres Banyuasin melalui bagian Sumberdaya Manusia (SDM) Polres Banyuasin dalam upaya memohon agar segera diturunkan hujan di Kabupaten Banyuasin.

Bertindak sebagai imam Shalat Istisqa Ps Kanit Dalmas 2 Samapta Polres Banyuasin Aiptu M Ali Nurjani, dan selaku Bilal/MC Ps Paurmin Bag SDM Polres Banyuasin Aipda Siswoyo Joko Priyono.

Dalam Shalat Istisqo ini diikuti langsung oleh Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK, Wakapolres Banyuasin Kompol Dwi Satya Arian SH SIK MSi, Pejabat Utama (PJU) Polres Banyuasin, Kapolsek jajaran, Bintara dan ASN Polres Banyuasin.

Baca Juga :  Polres Banyuasin Tangkap Pelaku Pembakaran Lahan, Terancam 12 Tahun Penjara

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK menjelaskan, bahwa Shalat Istisqa adalah cara yang digunakan untuk memohon pertolongan Allah SWT dalam menurunkan hujan, terutama ketika musim kemarau berkepanjangan.

Selain itu, mengingatkan para jamaah Shalat untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT, sesuai dengan dasar Perkap Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pembinaan rohani dan mental dan tradisi di lingkungan Polri.

Mengingat kurang lebih empat bulan terakhir ini belum turun hujan yang mengakibatkan kondisi cuaca panas dan stok air semakin menipis sehingga menyebabkan sumur-sumur warga kering kerontang disertai terjadinya Karhutla di beberapa wilayah di Kabupaten Banyuasin.

Baca Juga :  Terpantau Titik Hotspot di Desa Sungai Rengit Murni, Satgas Karhutla Polres Banyuasin Segera Bertindak

“Untuk itu mari sama-sama memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa yang telah diperbuat, dan semoga Allah segera menurunkan hujannya,” ucap Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra dalam sambutannya.

Kapolres Banyuasin juga menyampaikan harapannya agar hujan segera turun dan mengakhiri kekeringan yang melanda wilayah Banyuasin. Selain itu, ia mengingatkan pentingnya mencegah pembakaran lahan dan hutan karena dapat menyebabkan asap dan dampak negatif terhadap kesehatan manusia serta ekonomi masyarakat.

“Kita sudah mengetahui bahwasanya di beberapa kota di Indonesia termasuk kita di Kabupaten Banyuasin saat ini sedang dilanda musim kemarau panjang dimulai dari bulan Januari hingga saat ini dan ini sudah berdampak kepada masyarakat,” ujar dia.

Saat ini, lanjutnya, sedang merata mengalami kekeringan, kekurangan air kemudian terjadi beberapa kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Banyuasin seperti di wilayah Kecamatan Talang Kelapa maupun daerah-daerah lain di Kabupaten Banyuasin. Tentunya dengan turunnya hujan ini kebutuhan air bagi kita selaku manusia, ternak, maupun tumbuh-tumbuhan dapat terpenuhi.

Baca Juga :  Terpantau Titik Hotspot di Desa Sungai Rengit Murni, Satgas Karhutla Polres Banyuasin Segera Bertindak

“Kami dari Polres Banyuasin juga mengajak untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan secara bersama-sama,”tegas dia.

Setelah kegiatan Sholat Istisqo dilaksanakan dilanjutkan dengan do’a bersama yakni memohon diturunkan hujan, memohon Rahmat Allah SWT untuk dihindarkan dari Kebakaran Hutan dan Lahan, dan memohon Keselamatan terhadap anggota Polres Banyuasin dalam bertugas. (Adm)

    Komentar