Bupati Askolani Kukuhkan 38 Orang Tim Teknis Pilkades E- Voting Tahun 2023

Banyuasin588 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN– Bupati Banyuasin H Askolani SH MH didampingi Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono SH Kukuhkan 38 Orang Tim Teknis Pemilihan Kepala Desa Secara E- Voting di Kabupaten Banyuasin Tahun 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Statistik dan Persandian Dr Salni Fajarn SAg MHI dalam Laporannya menyampaikan bahwa dari sebanyak 48 desa di 18 kecamatan ada 40 desa menggunakan Pemilihan Manual dan 8 desa menggunakan E-voting. Sedangkan untuk tim teknis lapangan berasal dari THL di Dinas Kominfo-SP dan Dinas PMD.

Salni Fajar menjelaskan 8 desa yang melaksanakan pemilihan dengan E-voting yaitu Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur, Desa Taja Indah dan Taja Raya I Kecamatan Betung, Desa Tanjung Lago Kecamatan Tanjung Lago, Desa Sungsang II Kecamatan Banyuasin II, Desa Suka Jaya, Desa Suka Karya dan Panca Mulya Kecamatan Tungkal Ilir.

Baca Juga :  Kominfo Banyuasin Kembangkan Aplikasi PPID Berbasis Web

Bupati Banyuasin H Askolani dalam Sambutannya mengatakan Pemilihan Kepala Desa merupakan agenda rutin 6 tahunan yang diselenggarakan tiap Pemerintahan Desa sebagai sarana memilih secara langsung pemimpinnya. Pemilu tingkat desa juga merupakan ajang pembelajaran politik bagi masyarakat dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam kehidupan politik.

“Untuk itu, penyelenggaraannya perlu dikawal bersama agar sesuai dengan prinsip Luber Jurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia Jujur dan Adil). Tahun ini, Pilkades akan kita selenggarakan di 48 Desa, dengan 8 Desa diselenggarakan Evoting. Melalui menggunakan metode metode E -voting kita ingin penyelenggaraan Pilkades lebih efisien dan meminimalisir konflik”, jelasnya.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian, Kapolres Banyuasin : Kenaikan Pangkat Sebuah Penghargaan

Bupati H Askolani menambahkan Pengukuhan ini diselenggarakan karena kita menyadari pentingnya peran tim teknis dalam pelaksanaan pilkades secara E-voting. Melalui pengukuhan ini saya meminta kepada seluruh Tim Teknis agar tidak hanya dapat menguasai prosedur pengoperasian perangkat E-voting yang akan digunakan, namun juga dapat bertugas dengan profesional dan penuh tanggung jawab.

“Selain menjaga momentum pemilihan kepala desa agar dapat berjalan dengan kondusif. Salah satu hal penting yang harus kita jaga juga, selain pelenggaraan pemilihan yang fair dan bisa dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Amankan Pilkades Serentak, Polres Banyuasin Terjunkan 400 Personil

“Sebagai wakil pemerintah, saya meminta kepada seluruh tim teknis yang bertugas di lapangan untuk bisa menunjukkan netralitas pemerintah dan menumbuhkan rasa percaya masyarakat kepada penyelenggaraan Pilkades”, Tutupnya. (Adm)

    Komentar