oleh

Bulan Ini Insentif Guru Honorer Bakal Cair

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Insentif guru honorer dalam bentuk honor untuk biaya kegiatan di sekolah selama daring dalam waktu dekat bakal cair. Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Mgs Syaiful Padli, Jumat (2/7/2021).

Syaiful menambahkan, untuk insentif para guru honorer di Sumsel tersebut bakal di terima pada bulan Juli 2021.

“Dalam waktu dekat, insentif guru honorer di Sumsel bakal cair. Jika tak ada halangan, bulan Juli ini para guru honorer akan menerima uang tersebut,” tambahnya.

Kembali dikatakannya, SK biaya daring sudah selesai ditelaah oleh Biro Hukum, dan sudah diparaf oleh Karo. “Kemudian akan diambil alih diparaf pak Kadis dan segera naik ke Gubernur,” sebut Syaiful.

MSP mengatakan, Insya Allah tahun depan akan dikawal Perda dan Pergubnya terkait biaya tambahan untuk guru tidak tetap atau guru honorer. Sehingga tahun depan bisa dialokasikan kembali lewat APBD untuk tambahan bapak dan ibu guru honor juga tenaga kependidikan lainnya (Operator Sekolah dan Tata usaha).

Sebagai informasi, jumlah PTK honorer di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan adalah 14.174 orang. Terdiri dari 9.940 orang guru honorer dan 4.234 pegawai honorer.

“Jika dibandingkan dengan jumlah PNS yaitu 8.066 guru PNS dan 672 pegawai PNS di sekolah, maka perbandingannya sangat tidak seimbang,” tandasnya.

Berdasarkan Dapodik Kemdikbud jumlah sekolah pada jenjang SMA Negeri adalah 327 sekolah, jumlah sekolah pada jenjang SMK Negeri adalah 116 sekolah, dan jumlah sekolah pada jenjang SLB Negeri adalah 14 sekolah.

Sedangkan untuk jumlah peserta didik pada jenjang SMA Negeri adalah 156.651 orang, untuk jumlah peserta didik pada jenjang SMK Negeri adalah 71.095 orang. Dan untuk jumlah peserta didik pada jenjang SLB Negeri adalah 1.641 orang.

Sehingga total sekolah negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 457 sekolah, dengan 229.387 orang peserta didik.

“Update data usulan calon penerima dalam bulan Juli ini selesai. Mudah-mudahan minggu depan bisa diajukan Disdik ke BPKAD proses pencairannya,” kata dia. (Nat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed