Bantu Tingkatkan Literasi, Polsek Betung Distribusikan Buku Pelajaran ke Pondok Pesantren Al Muhibin

Banyuasin472 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN – Pada momen HUT RI ke- 78 tahun 2023, Kepolisian Sektor (Polsek) Betung Polres Banyuasin melaksanakan kegiatan Literasi Budaya Pembagian buku pengetahuan/pelajaran yang didistribusikan kepada Madrasah Pondok Pesantren Al Muhibbin Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung, Senin (21/8) kemarin.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Betung AKP Indra Gunawan Sahferi

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kapolsek Betung AKP Gunawan Sahferi SH MPd mengatakan
kegiatan Literasi Budaya Pembagian buku pengetahuan/pelajaran ini dalam rangka Hut Kemerdekaan RI ke 78 yang didistribusikan kepada Madrasah Pondok Pesantren Al Muhibbin Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung.

Baca Juga :  Cegah Gangguan Kamtibmas, Polres Banyuasin Laksanakan KRYD

“Adapun jumlah buku yang telah didistribusikan adalah sebanyak 100 buku yang terdiri dari buku Ilmu pengetahuan/ buku pelajaran yang langsung diterima oleh pengurus Madrasah Al Muhibbin Ibu Uswatun Hasanah S.Pd,” ungkap Kapolsek AKP Gunawan Sahferi, Selasa (22/8).

Menurut Kapolsek, tingkat literasi di Indonesia sampai saat ini masih cukup rendah dibanding dengan negara lain, banyak faktor yang menyebabkan tingkat literasi di Indonesia rendah, salah satunya adalah karena terbatasnya ketersediaan buku dengan minat masyarakat yang ingin membaca.

Lanjut Kapolsek, jumlah ketersediaan buku membuat tingkat literasi yang rendah. Perkembangan literasi tidak hanya terjadi di sekolah formal saja, tetapi juga di tempat-tempat lain seperti Yayasan, Pondok Pesantren, TBM, Perpustakaan bahkan di lingkungan kecil masyarakat.

Baca Juga :  Melalui Kegiatan Ini, Nuhasim Berharap Akan Membangkitkan Semangat Gotong Royong Masyarakat

“Banyak tempat yang bisa menjadi wadah berkembangnya literasi, tetapi tidak didukung dengan ketersediaan buku-buku yang memadai,” beber dia menjelaskan.

Sementara pengurus Madrasah Pondok Pesantren Al Muhibbin Ibu Uswatun Hasanah SPd menyambut baik kegiatan ini dan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Polsek Betung yang telah mendistribusikan buku pelajaran ke Madrasah Pondok Pesantren Al Muhibbin.

“Tentu program donasi buku ini sangat baik untuk kami, sebagai bentuk terobosan baru juga karena santri sangat senang juga ketika mereka mendapatkan buku baru dari Polsek Betung, dari membaca buku kita mendapatkan banyak ilmu dan hal baru bahkan kita bisa mengetahui hal lain yang belum tentu orang lain tahu,”ungkap dia.

Baca Juga :  Puncak HUT RI Ke-78, Pemdes Talang Ipuh Gelar Peste Rakyat

Disampaikannya juga bahwa Perpustakaan penting sekali dan kita ketahui bahwa majunya negara itu adalah karena cinta ilmu, oleh karena itu kewajiban kita sebagai generasi yang paham tentang pentingnya membaca.

“Oleh karena itu bagaimana caranya minat baca ini kita gali terus sehingga dengan membaca akan sukses masa depan bangsa kita dan generasi yang akan datang,”pungkas dia.

    Komentar