oleh

Potensi Banjir di Musim Hujan, Pemerintah Daerah Diminta Optimalkan Fungsi Drainase

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Meningkatnya intensitas hujan yang diperkirakan sudah mulai terjadi dan diprediksi hingga akhir tahun ini, menjadi peringatan Pemerintah Daerah untuk segera mengoptimalkan fungsi drainase.

Hal ini dikatakan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Iriansyah, Selasa (14/9/2021). Dia mengingatkan Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kota Palembang agar ketika curah hujan tinggi bencana banjir bisa dihindari.

“Banjir terjadi hampir di setiap daerah. Untuk itu mulailah dengan mengoptimalkan drainase dan resapan,” kata Iriansyah, saat dihubungi.

Selain mengoptimalkan drainase dan daerah resapan, kata Iriansyah, pemerintah daerah juga harus memperkokoh dinding tanggul penahan luapan air sungai. “Bila perlu dibangun infrastruktur baru untuk mencegah terjadinya banjir,” jelasnya.

Ia menilai, jangan sampai ketika curah hujan tinggi dan menyebabkan banjir sampai menimbulkan korban apalagi sampai ada korban jiwa dari bencana banjir ini.

“Kota Palembang menjadi salah satu daerah yang di rekomendasikan untuk melakukan pengoptimalan fungsi drainase dan penataan daerah resapan air. Sebab evaluasi dengan pemerintah setempat, drainase yang ada salurannya kecil dan sempit sehingga tidak mampu menampung debit air lalu meluap kepermukaan dengan ketinggian rata-rata 1-1,5 meter,” terangnya.

Tapi Iriansyah tak hanya menfokuskan untuk Kota Palembang, ia juga menghimbau Kabupaten Kota lainya ikut melakukan pengoptimalan Drainase terutama untuk daerah dengan tingkat bencana yang sama.

“Bencana itu menjadi urusan bersama, jadi kita harus atasi bersama, bukan hanya pemerintah, masyarakat juga harus berperan agar bisa menghindari bencana,” katanya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya