oleh

Porprov OKU Raya Jaring Bibit Atlet Terbaik Jelang PON 2024 Aceh

SUARAPUBLIK.ID, OKUS | Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII OKU Raya 2021, Minggu (21/11) yang dipusatkan di Icon Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan sukses dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru. Porprov ini ditargetkannya dapat menjaring bibit atlet asli Sumsel yang terbaik untuk berlaga di PON Aceh tahun 2024 mendatang.

” Kita ingin atlet muda Sumsel meraih prestasi di masa datang dengan keaslian bukan bangga menggunakan atlet daerah lain itu kebanggan semu,” ujar Herman Deru.

Demi menjaring bibit-bibit atlet asli Sumsel berprestasi pula Herman Deru sejak menjabat komitmen menggelar piala Gubernur. Tujuannya agar klub sepakbola profesional seperti SFC di masa mendatang diisi pemain asal 17 kab/kota di Sumsel untuk berlaga di liga satu maupun liga dua.

Terkait pembinaan para atlet ini lanjut Bapak Infrastruktur tersebut, tentu memerlukan peran KONI di kab/kota. Untuk itu Ia meminta KONI di daerah terus bersinergi dengan pihak terkait untuk meningkatkan prestasi.

” Ini telah dibuktikan. Pada PON Papua kemarin Sumsel berhasil naik 5 peringkat dari PON sebelumnya,” jelas Herman Deru.

Saat menyampaikan sambutan Herman Deru juga menyemangati para atlet untuk bertanding secara sportif. Ia juga meminta kepada Bupati OKU Raya, yakni Bupati OKU, Bupati OKU Timur dan OKU selatan u tuk menjaga nama baik daerah mereka sebagai tuan rumah selama 8 hari kedepan.

” Mulai hari ini 21-28 November Bupati 3 daerah ini harus turun mengawasi semuanya, peertandingan, kecukupan konsumsi atlet, venue dan fasilitas lainnya,” papar Herman Deru.

Melihat antusias masyarakat menyaksikan opening ceremony Porprov OKU Raya, menurut Herman Deru menggambarkan dengan jelas bawah event ini memberikan harapan banyak kepada masyarakat setempat.

” Masyarakat tentu sangat menantikan event seperti ini karena untuk bangkit dari pandemi. Sebab untuk memulihkan ekonomi dari pandemi diperlukan event-event besar seperti ini. Alhamdulillah kemarin sudah Gran Fondo dan hari ini Porprov,” jelas pria yang dikenal sebagai Bapak Rumah Tahfidz.

Menurut Herman Deru dampak ekonomi tentu dirasakan masyarakat. Selain menggeliatnya kegiatan ekonomi kecil, pelaku usaha rumah makan dan lain juga tentu terdampak peningkatanya. Bahkan jasa penginapan juga terimbas positif lantaran banyak tamu yang datang dan menginap.

“Dampak event olahraga tentu berdampak pada perekonomian daerah penyelenggara. Terimakasih kepada Kabupaten OKU, OKU dan OKUS atas penyelenggaraan ini. Semoga ini sekaligus menjadi ajang persiapan Sumsel sebagai tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-6 di Sumsel tajun 2022,” tambah Herman Deru.

Di akhir sambutan Iapun berpesan agar para Bupati dan walikota se Sumsel mulai memilih dan memprioritaskan satu olahraga unggulan di tiap-tiap daerah. Hal ini tak lain untuk memunculkan atlet berbakat dari tiap daerah.

” Selamat bertanding dan silahkan menikmati keindahan Danau terbesar kedua di Sumatera yakni Danau Ranau dan Keindahan Alam di OKU Raya,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua KONI Sumsel H. Hendri Zainuddin mengaku sangat berterimakasih dengan support dan bimbingan yang telah diberikan Gubernur Sumsel H. Herman Deru pada kemajuan dunia olahraga di Sumsel.

” Porprov XIII adalah Porprov Pembinaan. Pemikiran besar Gubernur Herman Deru adalah setelah Porprov kab/kota harus punya cabang olahraga unggulan untuk memajukan Sumsel. Ini sangat luar biasa,” ujar Hendri.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo B.Bus. B. Commerce mengatakan sangat berterimakasih kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang telah percaya pada OKU Selatan sebagai kabupaten penyelenggara.

” Kami ini kabupaten kecil. Dan Pak Gubernur memberika  kami kepercayaan dan ini berhasil ini tentu tak lepas dari dukungan semua pihak. Kami sangat berterimakasih sekali dengan dukungan ini. Sehingga meski kami kabupaten kecil tapi kami diberi kesempatan menyelenggarakan event-event besar seperti Gran Fondo dan Porprov. Semoga dengan support sport and tourism kecil kami ini semakin mewujudkan tagline Sumsel Maju untuk Semua,” papar Popo Ali.

Menurut Popo, selain pertandingan 9 cabor, para atlet dan official dari 17 kab/kota se Sumsel selama pelaksanaan Porprov akan dihibur dengan acara open ceremony, juga kegiatan bazaar umkm di lokasi icon Danau Ranau dan berbagai pertunjukan kesenian dan budaya setempat setiap hari.

Sementara itu Ketua Koordinator Pelaksana Porprov XIII OKU Raya 2021, Direktur Bank Sumsel Babel (BSB) Ahmad Syamsuddin mengatakan Porprov ini merupakan sarana evaluasi sekaligus pembinaan olahraga di Sumsel sekaligus peningkatan prestasi.

“Sasaran utamanya adalah sukses penyelenggaraan dan sukses serta sukses perekonomian kerakyatan. Juga administrasi dan manajemen penyelenggaraan dan pengembangan olahraga di Sumsel,”  ujar Ahmad Syamsudin.

Selama 8 hari tersebut terdata puluhan venue yang digunakan. Sedangkan atlet yang bertanding mencapai 5855 atlet jumlahnya.

” Karena masih dalam kondisi pandemi kita dituntut kerja extra,” jelasnya.

Selain membuka Porprov XIII OKU Raya secara resmi, dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga sekaligus meresmikan 11 stadion di sejumlah kab/kota di Sumsel yang merupakan dana CSR dari PTBA. Setelah itu juga dilakukan penyerahan bantuan mobil pemadam kebakaran secara simbolis pada Kabupaten OKUT.

Open ceremony Porprov XIII yang digelar secara istimewa di pinggiran pelataran Danau Ranau itu sendiri begitu menyedot perhatian masyarakat. Kegiatan dibuka dengan penampilan marching band dari Gita Darma Praja dan Pol PP  dan pemadam kebakaran OKU Selatan,  dilanjutkan dengan deville bendera, deville atlet, kemudian pembacaan janji wasit dan atlet serta penyalaan api Porprov oleh Gubernur Sumsel yang dibawa oleh atlet Sumsel Catherin Kalalo. Dilanjutkan dengan penampilan tarian daerah dan peninjauan stand pameran UMKM oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KORMI Sumsel Hj Samantha Tivany B.Bus. MIB, Ketua KONI Sumsel H. Hendri Zainuddin, Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad, Bupati Lahat Cik Ujang, Plt Bupati MUBA Beni Hernedi, Walikota Lubuklinggau Prana Putra Sohe, Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani SH. MH, Wakil Bupati OKU Selatan Solehien abuasir, SP. MSi, Wakil Bupati PALI H. Soemardjono, Wakil Bupati Muratara Ahmad Inayatullah, Direktur Utama PT Bukit Asam Suryo Eko Hadianto serta Ketua TP PKK OKU Selatan, Isyana Popo Ali. (Rel)

Komentar

Berita Hangat Lainya