Pilkada 2024, Head to Head Ratu Dewa – Fitrianti Agustinda bakal Sengit

Sumsel240 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang, melakukan survei opini dan kebijakan publik, untuk priode survei 27-30 November 2022.

Sebagai bentuk praktikum Mata Kuliah Survei dan Quick Count mahasiswa Jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi.

Dalam rilis yang diterima media ini, Rabu (7/12/2022), survei melibatkan 390 Responden yang berusia 17 tahun atau yang sudah menikah dan tersebar di 18 kecamatan di Kota Palembang.

Koordinator Survei, Andri Pramana, Mahasiswa Prodi Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang dalam rilis tersebut menyampaikan, metode yang digunakan dalam survei ini adalah Multy Stage Random Sampling dengan Margin of Error (MoE) ±5% pada tingkat kepercayaan (Convident Level) 95%.

Metode pengumpulan data, dengan wawancara tatap muka oleh Relawan/Pewawancara yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi.

Fitri Paling Populer, Ratu Dewa Lebih Diterima

Dalam hasil survei disebutkan, popularitas tertinggi dari benerapa tokoh yang ditawarkan ke responden menyebutkan, kalau Fitrianti Agustinda menempati posisi tertinggi yakni 76,82% (paling populer). Disusul kemudian oleh Ratu Dewa dengan 70,91%. Lalu, di posisi ketiga Nasrun Umar dengan 26,36%.

Meskipun popularitas Ratu Dewa masih di bawah Fitrianti Agustinda, namun tingkat penerimaan terhadap Ratu Dewa justru lebih tinggi dari Fitrianti Agustinda.

Jika ada 11 Tokoh yang maju sebagai calon Walikota Palembang, sebanyak 38,64% akan memilih Ratu Dewa, 27,27% akan memilih Fitrianti Agustinda, 6,36% Memilih Nasrun Umar dan 4,55% memilih Ahmad Zulinto. Nama-nama lain masih berkisar 1% saja, sementara 16,82% belum menentukan pilihan.

Jika ada 3 Tokoh nama-nama di atas yang berkompetisi, maka Ratu Dewa memperoleh 43,81%, disusul Fitrianti Agustinda 30,00%, Posisi berikutnya adalah Nasrun Umar 8,57%, dan menyisakan Swing Votter sebesar 17,62%.

“Membaca data tersebut dalam konteks margin of error yang sudah ditetapkan dalam survei ini yakni 5%, maka dapat disimpulkan persaingan yang ada antara Ratu Dewa dan Fitrianti Agustinda berpotensi selisih 3% hingga 4% saja keunggulan Ratu Dewa terhadap Fitrianti Agustinda,” kata Andri.

 
Ahmad Zulinto Berpeluang Jadi Pendamping

Dari nama-nama tokoh digadang-gadang punya peluang digaet sebagai Calon Wakil Walikota Potensial posisi teratas diduduki oleh Ahmad Zulinto, meraih dukungan 20,00% disusul Riza Pahlevi 15,71%.

Kemudian Hendri Zainudin 6,67%, Akbar Alvaro 6,19%. Selebihnya ada nama Taufik Husni, Charma Afrianto, Abdul Rozak, Handry Pratama yang semuanya belum menyentuh 5% elektoral.

” Secara Metodologi, bahwa hasil survei yang digali dari lapangan ini hanya berlaku pada masa survei berlangsung, yakni 27-30 November 2022. Artinya kondisi realitas akan selalu berubah dan menyesuaikan perubahan yang terjadi di masyarakat,” tambah Andri. (*)

Komentar