Ditinggal Pergi Yudisium, Rumah di Jakabaring Nyaris Terbakar

Peristiwa206 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Sebuah rumah yang berada di Komplek Perumahan PNS Blok 36 Jalan Maluku Raya RT 57 RW 18, Kelurahan 15 Ulu Kecamatan Jakabaring Palembang, nyaris terbakar setelah ditinggal pemiliknya dalam keadaan kosong, Selasa 11 Juni 2024.

Beruntung api bisa segera dijinakkan sehingga tidak menyambar ke rumah disebelahnya setelah saksi mata Ruslan Arifin (61), yang mengetahui kejadian itu berjibaku seorang diri memadamkan api dengan alat seadanya.

“Awalnya ada seorang wanita mengendarai sepeda motor lewat dan melihat dengan tatapan tajam ke rumah itu, saya yang curiga langsung keluar ternyata rumah tetangga saya yang sedang dalam keadaan kosong terbakar. Tak lama terdengar suara dentuman hebat dari dalam rumah tersebut,” terang Ruslan Arifin, kepada awak media di lokasi kejadian.

Baca Juga :  Viral, Plafon Gedung Pertamina Plaju Ambruk

“Melihat adanya api saya pun langsung mendobrak rumah kosong itu lalu mengeluarkan dua sepeda motor yang berada di dalam, setelah itu saya sendirian berusaha memadamkan api agar supaya tidak membesar,” tambahnya.

Menurut saksi yang merupakan seorang pensiun satpam pertamina ini, bahwa rumah ini dihuni oleh seorang mahasiswa di salah satu universitas negeri di Palembang.

“Saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, karena mahasiswa yang menghuni rumah ini sedang yudisium di kampusnya. Mahasiswa itu merupakan keponakan dari pemilik rumah yang saat ini pemiliknya tinggal di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir,” terangnya.

Baca Juga :  Pertamina Segera Perbaiki Plafon Gedung Ogan yang Ambruk

Sementara itu, Kapolsek Seberang Ulu 1 Kompol Alex Andryan ditemui di lokasi kejadian mengatakan, setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran tersebut ia langsung memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengecekan ke lokasi.

“Ternyata informasi tersebut benar, informasi sementara kebakaran disebabkan oleh konsleting listrik dan saat kejadian rumah dalam keadaan kosong karena penghuni rumah sedang menghadiri yudisium di kampusnya di Indralaya,” ujar Kapolsek.

Beruntung api tidak sempat merambat ke rumah disebelahnya setelah seorang saksi yang mengetahui adanya api berupaya melakukan pemadaman.

Baca Juga :  Pertamina Segera Perbaiki Plafon Gedung Ogan yang Ambruk

“Untuk kerugian sementara hanya, satu buah televisi, kipas angin dan beberapa keping VCD yang terbakar. Untuk korban jiwa alhamdulillah tidak ada,” tuturnya.

“Kasus ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut petugas kita,” tambahnya.

Pantauan di lokasi kebakaran, kobaran api di rumah sudah dipadamkan. Tidak ada lagi api yang berkobar, hanya tersisa dinding-dinding yang hangus diselimuti asap hitam pekat sisa kebakaran yang terjadi. (ANA)

    Komentar