oleh

BBWSS Ungkap Penyebab Banjir di Palembang

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Masih banyaknya drainase yang belum terkoneksi ke Sungai Bendung jadi salah satu pemicu penyebab banjir di kota Palembang. Hal itu dikatakan Kabid OP Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII, Medya Ramadhan, Kamis (9/9/2021).

“Saat curah hujan tinggi, air tidak bisa mengalir dengan optimal karena masih banyaknya drainase yang belum terkoneksi ke Sungai Bendung. Sementara untuk aliran yang terkoneksi tidak lancar akibat terhalang sampah,” katanya.

Medya mengatakan, tingkat kemiringan Sungai Bendung yang sangat landai juga menyebabkan aliran air menjadi lambat. Sehingga menyebabkan genangan air pada sejumlah titik yang rendah.

“Sungai Bendung punya kemiringan yang sangat landai, sehingga alirannya tidak cepat. Jadi alirannya hanya berdasarkan ketinggian muka air saja,” ujarnya.

Menurut Medya, pihaknya memiliki enam pompa di Sungai Bendung yang disiapkan untuk mengatasi banjir. Hanya saja, penggunaan pompa tidak optimal karena ketinggian permukaan air yang kurang akibat aliran air yang tidak lancar.

“Saat banjir pada 1 September, kami hanya operasikan dua pompa karena muka air masih jauh di bawah. Ini dikarenakan kemiringan sungai di bagian hulu yang landai. Bila dipaksakan maka pompa akan menyedot kotoran dan akan menyebabkan kerusakan,” terang Medya.

Ke depan, BBWSS telah menyiapkan antisipasi dengan membuat pipa booster tambahan untuk menyedot air dititik genangan guna mempercepat aliran. Langkah ini sedang dalam tahap kajian bidang perencanaan untuk kemudian akan direalisasikan. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya