2024 DBH Sawit Untuk Pemprov Sumsel Turun 4,29 Persen

Sumsel119 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Tahun 2024, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendapat pengurangan Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit sebesar 4,29 persen dari tahun 2023. Hal itu disampaikan kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel Achmad Rizwan, Kamis (25/4/2024).

Rizwan menjelaskan tahun ini Sumsel hanya mendapat DBH sebesar Rp49 Miliar, atau turun Rp2,2 Miliar dari tahun 2023 dari total keseluruhan DBH Sawit untuk 17 daerah se-Sumsel senilai Rp472 Miliar.

“Ya turun dari tahun lalu, kalau tahun lalu kita dapat Rp51,2 Miliar,” kata Rizwan.

Baca Juga :  Demokrat Sumsel Prioritaskan Kader Bertarung dalam Pilkada 

Pembagian DBH sendiri dibagikan untuk seluruh daerah meski tak termasuk sebagai daerah penghasil Sawit yang besar seperti kota Palembang, Kota Pagaralam dan Kota Prabumulih. Bahkan alokasi pembangianya juga dibagikan dengan layak.

“Namun tetap pembagian terbesar terutama di Sumsel didominasi Daerah penghasil seperti Kabupaten Musi Banyuasin, Kab. Banyuasin, dan Kab. Ogan Komering Ilir,” ungkapnya.

Selain itu, DBH Sawit sendiri dimanfaatkan pemerintah daerah untuk pembangunan Infrastruktur Jalan dalam Perkebunan di daerah masing – masing, lalu pendataan maupun perlindungan sosial serta peningkatan kompetensi dan sertifikasi bagi pekebun.

Baca Juga :  Ketua Tim HD Datangi DPD Demokrat, Cik Ujang Doa kan HD tercapai Cita - Cita

“Saat ini kami tengah menyusun Rencana Kegiatan dan Penganggaran (RKP) DBH Sawit tahun anggaran 2024. Targetnya selesai akhir April ini,” katanya.

Jika telah selesai selanjutnya akan dibagikan kepada Kabupaten – Kota. Jika sesuai target pada Bulan Mei dananya akan disalurkan ke Pemerintah Provinsi dan Kabupaten kota,” pungkasnya.

    Komentar