oleh

Capaian Vaksinasi Kelompok Lansia di Pagar Alam Masih Rendah 

SUARAPUBLIK, PAGARALAM – Capaian target vaksinasi bagi penerima vaksin khusus sasaran kelompok lanjut usia atau lansia, masih jauh dari target atau dinilai masih rendah. Ini artinya ketersediaan  dosis vaksin lebih tinggi dibanding minat warga lansia divaksinasi. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam Desi Elviani.

Dikatakannya, berdasarkan laporan pelaksanaan vaksinasi Covid 19 Kota Pagaralam, sampai dengan 24 Juni 2021 lalu, lansia dengan sasaran sebanyak 14.508 orang dengan cakupan vaksinasi dosis 1 baru mencapai 1.925 orang. Atau terealisasi sebanyak 13,27 persen. Kemudian pada vaksin dosis kedua terealisasi sebanyak 942 orang atau hanya tercapai 6,49 persen dari target.

“Rendahnya capaian vaksinasi kelompok lansia, tentunya dipengaruhi banyak faktor. Di lapangan ada sebagian masih kurang percaya akibat informasi hoax yang beredar di kalangan masyarakat, ada juga tidak lolos screening kesehatan maupun kendala lainnya,” terangnya Kamis (1/7/21).

Sambungnya, untuk itu Dinas Kesehatan Kota Pagar Alam terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi lansia dengan berbagai strategi. Dengan memberikan keyakinan bahwasannya dengan divaksin akan meningkatkan kekebalan imun tubuh.

“Kami akan terus mensosialisasikan vaksinasi halal dan aman. Caranya dengan meyakinkan kelompok lansia untuk terus digerakkan agar mau dilakukan vaksinasi termasuk dengan meminta bantuan pihak keluarga mereka yang sudah divaksin agar dapat memberikan keyakinan dan pemahaman pentingnya vaksinasi,” jelasnya.

Lanjutnya, kerjasama semua pihak sangat diharapkan, untuk mendukung upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi di Kota Pagaralam, sehingga target tercapai maksimal.

“Diharapkan melalui gerakan satu juta vaksinasi yang kita laksanakan bersama Polres Pagar Alam. Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara tahun 2021, dapat mencapai target realisasi vaksinasi yang ditetapkan di Kota Pagar Alam,” pungkasnya. (San)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed