oleh

Sukses Tekan Angka Stunting, Pemkab OKI Diganjar Penghargaan

SUARAPUBLIK.ID, OKI – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir sukses menekan angka kasus stunting dari tahun ke tahun. Dalam tiga tahun terakhir terjadi penurunan yang sangat signifikan di kabupaten ini.

“Kita mendukung penuh upaya pemerintah pusat dalam upaya penurunan kasus stunting, berkat kerja keras kita semua, angka stunting di Kabupaten OKI yang pada tahun 2018 adalah 30,6% turun menjadi 11,08% di Tahun 2019 dan kembali turun menjadi 8,44% di Tahun 2020,” ujar Wakil Bupati OKI H. M. Dja’far Shodiq saat acara Pemberian Penghargaan Terhadap Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota Lokus Stunting Tahun 2020, di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa (9/11/2021).

Atas capaian tersebut Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, meraih penghargaan atas upayanya dalam pelaksanaan konvergensi intervensi penurunan stunting terintegrasi pada tahun 2020 oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Ir. SA Supriono, MM kepada Wakil Bupati Ogan Komering Ilir H. M. Dja’far Shodiq

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemprov Sumsel agar Kabupaten/Kota di Sumsel semakin meningkatkan kinerjanya dalam penanganan kasus stunting

“Kami berterimakasih dan mengapresiasi upaya Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi aktif dalam 8 aksi konvergensi penurunan kasus stunting, kami mengharapkan agar ke depan Kabupaten/Kota di Sumsel semakin meningkatkan kinerja agar percepatan penurunan kasus stunting di Sumatera Selatan dapat terwujud,” ujar Pj. Sekda Sumsel Ir. SA Supriono, MM dalam sambutannya.

Supriono juga menjelaskan bahwa penanganan kasus stunting ini adalah masalah yang serius, “Permasalahan kasus stunting ini adalah permasalahan multi dimensi, penanganannya pun harus dilakukan melalui pendekatan multi sektor, untuk itu saya mengajak semua pihak terkait agar semakin meningkatkan sinergitas dalam hal ini,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKI Hj. Lindasari Iskandar yang juga berkesempatan hadir pada acara pemberian penghargaan tersebut menuturkan, bahwa Tim Penggerak PKK OKI sebagai mitra Pemkab OKI berkomitmen mendukung penuh seluruh upaya yang dilakukan Pemkab OKI dalam menurunkan kasus stunting di OKI.

“PKK sebagai mitra pemerintah yang memiliki program kerja di bidang kesehatan akan terus memberikan kontribusi nyata untuk membantu mewujudkan penurunan kasus stunting, khususnya di OKI. PKK akan terus menggerakkan seluruh kader hingga tingkat desa untuk mengedukasi dan membantu masyarakat terutama Ibu Hamil, Menyusui dan Balita agar mendapatkan gizi seimbang sebagai upaya pencegahan kasus stunting,” tegas Lindasari. (Dhi)

Komentar

Berita Hangat Lainya