oleh

Ruas Jalinteng Longsor, Pengguna Jalan Diimbau Berhati-hati

SUARAPUBLIK.ID, MUSI BANYUASIN – Hujan deras yang mengguyur kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, pada hari ini, Senin (11/10/2021), mengakibatkan sejumlah genangan di beberapa perkantoran dan ruas Jalan Lintas Tengah Palembang-Lubuk Linggau mengalami longsor.

Beberapa perkantoran tampak halamannya tergenang air, terutama kantor PDAM Tirta Randik di Jalan Kolonel Wahid Udin, Sekayu yang bagian belakang halaman kantor mengalami genangan setinggi mata kaki.

“Ini akibat saluran air di ujung sana (menunjuk jalan wahid udin ke arah tugu bintang) buntu,” kata Direktur Umum PDAM Tirta Randik, Firdaus Marvel.

Sementara ruas Jalinteng tepatnya di dusun 4 Desa Sukarami kembali longsor. “Ini akibat hujan deras yang mengguyur kota sekayu semalam, akibatnya sungai meluap dan mengikis tanah dipinggir sungai mengakibatkan longsor. Jalan menjadi menyempit hanya tersisa 3 meter,” ujar Kasatlantas Polres Muba AKP Sandi Putra.

Karenanya, Sandi mengimbau para pengendara baik yang hendak ke arah Kota Palembang maupun ke Lubuk Linggau yang melintasi jalan tersebut untuk berhati-hati. “Harap bersabar untuk bergantian melintas,” jelasnya.

PPK 1.3 Betung-Sekayu-Mangunjaya, Satker PJN Wilayah 1 BBPJN Sumsel, Endi Abdel Rozza membenarkan terjadinya longsoran di lokasi tersebut. Dikatakannya memang dilokasi tersebut pihaknya tengah melakukan pemancangan tiang penyangga penahan tanah sepanjang 70 meter.

“Saat bekerja tadi pagi longsor, kali ini lebih besar lagi longsornya ketimbang sebelumnya. Makanya kami minta bantuan dari pak Kasatlantas, agar kendaraan bertonase berat bisa dialihkan melalui jalan akses PALI melewati Simpang JM, kemudian bisa tembus ke Jembatan yang tembus ke arah Mangunjaya,” katanya seraya menambahkan saat ini sudah dipasang pengaman longsor sementara dilokasi tersebut.

Kades Sukarami, Sabar Budi Utomo menuturkan bahwa kondisi jalan longsor tersebut sudah lama, bahkan sejak tahun lalu. “Sudah dua bulan ada alat berat yang bekerja disana. Memang sudah pernah longsor ditambah ada hujan,” terangnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya