Porprov dan Peparprov 2023 Resmi Dibuka

Lahat379 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, LAHAT – Pekan Olahraga Provinsi Sumsel (Porprov Sumsel) XIV/2023 dan Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV dibuka Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM. Opening ceremony dilaksanakan di Lapangan Seganti Setungguan, Kota Lahat, Minggu 17 September 2023.

Porprov Sumsel Tahun 2023 dilaksanakan di Kabupaten Lahat sebagai tuan rumah penyelanggara diikuti 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel dengan mempertandingkan 44 cabang olahraga (Cabor). Begitu juga Peparprov tahun 2023 mempertandingkan 10 cabang olahraga.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan untuk Porprov ada 13.360 atlet dan official yang berlaga. Orang nomor satu di Sumsel ini menaruh rasa bangga dan simpati besar kepada seluruh masyarakat Lahat yang juga telah menjadi tuan rumah yang baik.

“Selamat datang kepada seluruh utusan yag mengirim atlet, guna mengikuti Porprov 2023 ini, yang mana Porprov ini sangat ditunggu masyarakat di setiap yang menjadi tuan rumah. Lahat di percaya pelaksanaan Porprov, baik kesiapan venue dan insfrastruktur melayani atlet 44 cabor,” ujar Herman Deru.

Dikatakan Herman Deru, bahwa infrastruktur tidaklah cukup, yang tidak digandeng dengan pemulihan ekonomi. Melalui Porprov yang disambut ini, bisa memunculkan geliat baru dalam pelaksanan jual beli Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Baca Juga :  Cabor Panjat Tebing Dimulai

“Maka layani kontingen dan hadirin pada acara Porprov yang menjadi ajang menjaring atlet-atlet berbakat untuk kita seleksi ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh,” ujar Herman Deru.

Menurunya bahwa Sumsel sudah terbukti telah memperbaiki rengking yang sempat selalu dibelakang.

Terbukti pada tahun lalu di Papua, bahwa atlet Sumsel bisa memperbaiki prestasi menangah. “Melalui Porprov tentu menjaring atlet atlet kita dan atlet kita tetap semangat dan dilayani dengan baik,” ujarnya.

Herman Deru berpesan, bahwa kepada wasit dan juri dan berikut atlet tegakan sportifitas dan jangan berbangga yang semu, karena diutamakan harus tangguh.

Selain itu, segera masing masing kontingen memberikan pengarahan kepada atletnya. “Termasuk juga Paralimpik yang sekaligus kita laksanakan pembukaan,” ujarnya.

Sementara, Ketua Umum Pelaksana Porprov Sumsel 2023 sekaligus Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin mengatakan bahwa pihaknya diberikan mandat oleh Gubernur Sumsel dalam pelaksanaan Porprov. Pihaknya yakin pelaksanaan ini dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab untuk kesuksesan Poprov 2023.

“Kegiatan Porprov dilaksanakan 3 tahun sekali dengan mencetak atlet hebat dan profesional serta mengharumkan nama Sumsel ditingkat Nasional,” ujarnya.

Baca Juga :  Cuaca Extrim Wisata Alam Bukit Besak Ditutup Sementara

Dikatakannya, bahwa sebelumnya tahun 2021 lalu Ogan Komering Ulu (OKU) sukses menjadi tuan rumah. Bahkan Kota Palembang menjadi juara dengan memperoleh berbagai banyak mendali. Sementara Porprov tahun 2023 ini mengambil tema ‘Bangkitkan sportifitas, raih prestasi, Sumsel Maju Untuk Kita Semua’ Pelaksanaan ini dimulai 17 sampai 24 September 2023. Sebagai laporan berkumpul di Bumi Seganti

Setungguan di 17 kabupaten kota. Even ini mempertandingkan 44 cabor dan 818 nomor pertandingan dengan 3 ribu mendali yang diperebutkan baik emas, perak dan perunggu.

“Kami berharap diadakan Porprov yang mendatang, bisa membantu meningkatkan perekonomian kemasyarakat. Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua sponsor. Terimakasih bupati dan wali kota yang telah mengirim kontingennya. Pesan tetap sportifitas harus di junjung tinggi,” ujarnya.

Ketua Paralampik selaku Ketua NPC Sumsel Rian mengatakan pelaksanaan ini benar benar terbukti dengan persamaan hak disabilitas. Apalagi dalam sejarah Indonesia pembukaan Peparprov Sumsel bersamaan dengan Porprov Sumsel 2023 di Kabupaten Lahat.

“Ajang ini disampaikan bahwa ini adalah perlakuan hak yang sama, karena banyak mendukung disabilitas, dan mengantarkan Sumsel tidak hanya Asean Games, namun bisa menyumbang 14 mendali untuk Sumsel. Ini semua keberhasilan lemerintah dan legislatif, yang tidak membedakan hak disabilitas khususnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Sampaikan Keluhan, Warga Gunung Kembang Datangi Pemkab 

Dia merasa bangga dan tersangjung, apalagi program Sumsel Maju dapat dirasakan. Pada Peparprov ini total atlet yang bertanding 912 atlet tergabung di NPC mempertandingkan 10 cabor.

“Kami berpesan kepada atlet yang berlaga, bahwa setiap pertanding ada yang kalah dan menang. Tidak hanya juara peraihan mendali, tapi juga bahwa ada filosofi yang hebat dan datang dengan berbagai kemanfaatan,” ujarnya.

Bupati Lahat H Cik Ujang SH berpesan kepada semua atlet untuk tetap menjunjung tinggi sportivitas dilapangan dan terciptanya harmoni antara atlet official yang tetap terjain dengan baik. “Porprov Sumsel ini diharapkan semua atlet dan juri serta wasit berpatisipasi dalam kesuksesan pelaksana,” ujarnya.

Turut hadir Wakil Ketua KONI Pusat, Brigjen TNI (Pur) Ahmad Saefudin, perwakilan Ketua KONI Sumsel, DPRD Sumsel, 17 kepala daerah di Provinsi Sumsel, Sekda, Ketua Kormi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Hj Samantha Tivani Herman Deru, Organisasi Perangkat Daerah Sumsel, dan seluruh tamu undangan lainnya.

    Komentar