oleh

Pencurian Kabel di Jembatan Musi IV Kembali Terulang BBPJN Sumsel Tingkatkan Pengawasan

Suarapublik.id, Palembang,

 

Jembatan Musi IV sudah beberapa kali kehilangan perangkat seperti Kabel dan lainya. Terbaru, pencurian terjadi pada kabel Scructural Health Monitoring Syatem (SHMS) yang di curi oknum tak bertanggung jawab.

 

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumsel Kgs Syaiful Anwar membenarkan jika ada kabel perangkat di Jembatan Musi IV yang telah hilang di curi. Tak tanggung, kabel yang di curi bisa sampai ratusan meter yang difungsikan untuk memantau kondisi jembatan.

 

“Kabel yang dicuri merupakan penghubung dengan Monitoring sistem yang merupakan sistem terbaru untuk memantau kondisi vibrasi jembatan secara online. Bahkan di Indonsia baru ada empat jembatan yang memakai sistem ini, salah satunya Jembatan Musi IV,” kata Kabalai saat di temui dilokasi jembatan, Senin (21/6/2021).

 

BBPJN Sumsel juga telah melaporkan kepada pihak kepolisian untuk sejak Akhir Mei lalu. Saat ini, pihak kepolisian tengah melihat rekaman CCTV yang terpasang di jembatan untuk melacak pelaku pencurian.

 

“Ini bukan kali pertama, sudah tiga kali pencurian kabel ini terjadi,” ungkapnya.

 

Dengan dicurinya kabel ini, kata Syaiful otomatis pihaknya tidak bisa memantau kondisi Jembatan musi IV. Bahkan kerugian ditaksir mencapai 200 Juta akibat dari pencurian ini.

 

“Butuh perlakukan khusus untuk mengaktifkan kembali sistem yang terpasang. Apalagi takhanya kabel SHMS yang di curi. Kabel lain juga ikut tercuri karena diletakan disatu wadah Kabel di struktur jembatan,” ungkapnya.

 

Syaiful menambahkan atas pencurian ini pihaknya segera melakukan evaluasi seperti menempatkan perangkat kabel ditempat yang sulit dijangkau. “Kedepan kita juga akan tingkatkan proses pengawasan seperti membangun posko pengamaman disekitar jembatan,” pungkasnya.(jak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed