oleh

Pelaksanaan Umrah, Daerah Tunggu Petunjuk Teknis

SUARAPUBLIK.ID, EMPAT LAWANG – Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana pembukaan ibadah umrah oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan berharap jemaah umrah dari Indonesia dapat melaksanakan ibadah umrah. 

Hal ini disampaikan oleh Kankemenag Empat Lawang, DR H Hasanudin melalui Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umrah Kemenag Empat Lawang, Drs H Kgs Mahmuddin.

Dijelaskan Kgs Mahmuddin bahwa pemerintah saat ini sedang menunggu penjelasan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait surat edaran dan kebijakan teknis penyelenggaraan ibadah umrah tahun 1443 H.

“Pemerintah sedang menunggu penjelasan dan kebijakan teknis dari Pemerintah Arab Saudi terkait surat edaran penyelenggaraan umrah tahun 1443 H,” katanya, Senin (11/10/2021). 

Ia juga menambahkan bahwa Kementerian Agama beberapa kali telah melakukan koordinasi bersama Kementerian/Lembaga terkait untuk merespons kebijakan pemerintah Arab Saudi atas dibukanya penyelenggaraan ibadah umrah.

“Kementerian Agama bersama Kementerian/Lembaga terkait penyelenggaraan ibadah umrah, segera dan sedang menyiapkan skenario penyelenggraan ibadah umrah pada masa pandemi. Terkait dengan suspend, karantina, pemeriksaan PCR, dan protokol kesehatan sesuai ketentuan,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya masih menunggu teknis dari pemerintah terkait keberangkatan umrah. “Yang saat ini, kita masih menunggu teknis dari pemerintah terkait masalah umrah,” bebernya.

Untuk diketahui bahwa, Pemerintah Arab Saudi, melalui nota diplomatik Kedutaan Besar di Jakarta pada 8 Oktober, menyatakan bahwa pelaksanaan ibadah umrah bagi jamaah dari Indonesia kembali dibuka. Sebagaimana dikatakan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. (Alf)

Komentar

Berita Hangat Lainya