oleh

Nominasi Layanan Terbaik di Indonesia, Puskesmas Balai Agung Siapkan Inovasi Digital

SUARAPUBLIK.ID, MUSI BANYUASIN – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melakukan penilaian terhadap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58. Hasilnya, dua Puskesmas di Sumatera Selatan (Sumsel) masuk nominasi.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan Dinas Kesehatan Sumsel, dua Puskesmas yang terpilih ialah Puskesmas Balai Agung, Kabupaten Musi Banyusin dan Puskesmas Surulangun, Kabupaten Musi Rawas Utara.

Kedua Puskesmas itu, memenuhi kriteria dari Kemenkes dengan kategori inovasi digitalisasi pelayanan dalam rangka meningkatkan mutu di Puskesmas di era pandemi COVID-19, dan inovasi pelayanan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan promotif dan preventif.

Puskesmas Balai masuk sebagai pemenang atau nominasi Puskesmas terbaik Sumsel dan menjadi wakil di tingkat nasional berdasarkan surat Dinas Kesehatan Sumsel Nomor 440/325/Kes/ Farmutasi/XI/ 2021 tanggal 1 November 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Muba, Azmi Dariusmansyah, dikonfirmasi terkait hal itu, mengapresiasi Pusksesmas Balai Agung yang masuk dalam nominasi mewakili Sumsel untuk penilaian tingkat nasional.

“Mudah-mudahan di tingkat nasional Puskesmas Balai Agung bisa menoreh juara pertama dalam hal inovasi yang selama ini sudah diterapkan,” ungkapnya, Rabu (3/11/2021).

Ditempat berbeda, Kepala UPT Puskesmas Balai Agung, Zwesty Wisma Devi, mengucapakan terimakasih kepada seluruh jajaran staf Puskesmas. Berkat kekompakan, serta pelayanan yang selama ini diberikan kepada masyarakat mulai berbuah hasil yang positif.

“Kami sangat bersyukur apa yang telah diraih bisa mewakili Sumsel untuk kembali bersaing ke tingkat nasional. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada tim penilaian dari Dinas Kesehatan Provinsi,” kata Devi.

Terkait penilaian, pihaknya telah membuat inovasi terkait pelayanan kepada masyarakat. Inovasi itu yakni, pendaftaran online, one stop service bagi ibu menyusui,  gisel sure, seniman, vaksinasi mobile, Basindo dan Jago Nenek Kite.

“Selama pandemi COVID-19 pelayanan kepada masyarakat tidak membuat sulit kita dalam memberikan pelayanan pengobatan. Justru banyak hikmah dan manfaat yang dapat diambil,” jelasnya.

“Mudah-mudahan inovasi yang sudah kita buat dan diterapkan ini bisa menjadi penilaian terbaik di tingkat nasional. Di peringatan HKN, Puskesmas Balai Agung bisa menjadi yang terbaik,” harap Devi. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya