Kembali Ukir Prestasi Berdayakan Desa Pagardewa, PGN Subholding Gas Raih Penghargaan BISRA Awards 2023

Ekonomi, Sumsel323 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menerima penghargaan Gold Champion in Corporate Social Responsibility Program pada kategori Environmental Element dalam penganugerahan Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2023. Tahun ini, PGN mengangkat topik mengenai lingkungan, khususnya pengolahan Air Bersih di Desa Binaan PGN, Desa Karet Berdaya (Desa Kaya), Desa Pagardewa, Muara Enim, Sumatera Selatan.

Program Inovasi Desa Kaya Pagardewa merupakan program pengelolaan lingkungan karet pertama dan satu-satunya pada klaster Perusahaan Migas Distribusi. Selain program Pengelolaan Air Bersih, PGN juga mengangkat inovasi-inovasi seperti Peningkatan pendapatan warga dengan sasaran program Bank Sampah Pagardewa, Koperasi Tani Padetra Artomulyo, Koperasi Simpan Pinjam Padetra Berkah, serta Pengelolaan Embung.

Dampak dari program inovasi sosial untuk penerima manfaat antara lain tersedianya sumber air satu-satunya di kecamatan Lubai Ulu sebesar 22.500 m3, Terlindunginya kebun karet di Desa Pagardewa sebesar 4.480 ha dan peningkatan pendapatan warga desa.

Baca Juga :  Telkomsel dan Viu Indonesia Luncurkan Program "Annyeong Korea!", Bisa ke Korea Cuma dengan Nonton Drakor

“Pengelolaan Air Bersih di Desa Kaya Pagardewa memberikan dampak langsung kepada masyarakat antara lain sebagai mitigasi risiko dalam penanganan KARHUTLA. Selain itu juga pemenuhan cadangan air bersih masyarakat Desa Kaya Pagardewa,” ujar Rachmat Hutama selaku Corporate Secretary PGN, (22/8/2023).

Anugerah BISRA 2023 juga menjadi wujud apresiasi Bisnis Indonesia kepada perusahaan yang mengikuti tahapan-tahapan proses penjurian yang komprehensif. Dari registrasi, pengisian kuesioner, penyampaian data dan bukti relevan, hingga presentasi di hadapan Dewan Juri BISRA 2023 dari bulan April hingga Bulan Agustus 2023.

Baca Juga :  Telkomsel dan Viu Indonesia Luncurkan Program "Annyeong Korea!", Bisa ke Korea Cuma dengan Nonton Drakor

“Apresiasi dari Anugrah BISRA 2023 ini menjadi bukti atas komitmen PGN yang terus konsisten menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan melalui program-program prioritas perusahaan khususnya di wilayah Ring I Perusahaan, serta program-program lainnya bagi seluruh penerima manfaat PGN,” ujar Rachmat. (*)

    Komentar