oleh

Hari Rabies Sedunia, Dinas TPHP Muba Suntik Vaksin Hewan Peliharaan

SUARAPUBLIK.ID, MUSI BANYUASIN – Memperingati hari rabies sedunia pada 28 September 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Musi Banyuasin (Muba) menggelar suntik vaksin rabies gratis. Oleh karena itu bagi yang mempunyai hewan peliharaan hendaknya bisa disuntikan.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, melalui Kepala Dinas TPHP A. Thamrin, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 10 hari, dimulai pada 20 hingga 30 September 2021.

“Suntik vaksin rabies ini diberikan kepada hewan  pelirahaan, seperti Kucing, Anjing dan lainnya. Secara tidak langsung untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit rabies,” katanya.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan hendaknya bisa datang langsung ke UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kecamatan Sekayu, dan di Sungai Lilin.

“Mulai dari Kucing, Anjing, Kera, dan hewan lainya bisa dibawa langsung ke Puskeswan,” ucapnya.

Mengenai kasus rabies di Kabupaten Muba, ia mengatakan, untuk satu tahun belakangan ini kasus tersebut jarang ditemukan.

“Ini artinya masyarakat sudah sangat sadar akan hewan peliharaanya untuk disuntik, baik itu ke Puskeswan maupun ke dokter hewan,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Ksehatan Hewan, Muslim, menuturkan, mengenai kasus rabies untuk belakangan ini jarang ditemukan, artinya tingkat kesadaran masyarakat sudah tinggi.

“Meski demikian, kita tetap mengingatkan kepada kalangan masyarakat luas, jenis hewan yang terjangkit penyakit rabies seperti Anjing terdapat lidahnya menjulur keluar sambil mengeluarkan air liur dan ekornya cendrung kebawah, begitu juga hewan jenis kucing dan kera. Nah kalau menemukan dan melihat hewan seperti itu lebih baik menghindar,” katanya.

Tambahnya, program suntik vaksin rabies ini tentunya digelar secara rutin pada setiap tahunnya. “Hal ini bertujuan meminalisir penyakit rabies pada hewan – hewan peliharaan,” tandasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya