oleh

Di Akhir Tahun, PLN Targetkan Gardu Induk Beroperasi

SUARAPUBLIK.ID, EMPAT LAWANG –  Pembangunan Gardu Induk (GI) Empat Lawang, yang sudah beberapa tahun mangkrak, ditargetkan akan beroperasi pada Desember 2021 ini.

“Gardu Induk Insyaallah Desember akan beroperasi. Saat ini masih dalam penyelesaian pembangunan tower yang tersisa,” Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Empat Lawang, Anggun Haryadi kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

Menurut Anggun, apabila GI tersebut sudah selesai, pasokan listrik di Empat Lawang khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Saling dan wilayah sekitar, tidak menumpang lagi ke daerah lain.

“Kalau ada GI kita bisa bantu orang. Terus jika ada gangguan kita cepat (tangani), terus tegangannya juga lebih bagus,” jelasnya.

Selama ini kata Anggun, pasokan listrik di Empat Lawang, mengandalkan GI di daearh tetangga. Jika daerah lain gangguan maka Empat Lawang juga ikut gangguan. “Jalurnya panjang tentu banyak gangguan. Kesulitan kita terjadi gangguan adalah mencari lokasi gangguan, karena panjangnya jalur yang harus ditelusuri,” urainya.

Nantinya lanjut Anggun, jika GI di Empat Lawang sudah selesai dan siap dioperasikan akan dibuatkan jalurnya, sehingga bisa membantu daerah di sekitar Empat Lawang. Sebab, Konsumsi listrik di wilayah Empat Lawang saat ini sekitar 10.000 MVA. Sementara daya listrik yang dihasilkan GI itu nanti sebesar 30.000 MVA.

“Artinya, jika GI itu beroperasi, ada sekitar 20.000 MVA yang tidak digunakan, ini yang menjadi catatan kita bersama,” ucap Anggun.

Itu artinya sambung Anggun, pemerintah harus memikirkan kelebihan daya listrik yang dimiliki Empat Lawang ke depan. Untuk dapat memanfaatkan berlebihnya daya listrik yang dipunyai Empat Lawang.

“Mudah-mudahan saja kalau GI sudah beroperasi investor bisa tertarik ke sini, ya minimal ada hotel bintang tigalah di sini. Untuk memanfaatkan kelebihan pasokan listrik,” imbuhnya. (alf)

.

Komentar

Berita Hangat Lainya