oleh

Danau Toba Masuk 10 Danau Mengagumkan di Dunia

SUARAPUBLIK.ID, JAKARTA – Danau Toba di Sumatera Utara terpilih sebagai danau paling mengagumkan di dunia versi Media Australia.
Danau Toba terbentuk dari kawah gunung berapi purba yang telah terisi air dari waktu ke waktu. Kawah ini tercipta sekitar 75 ribu tahun yang lalu, dan letusan Toba diyakini sebagai letusan terbesar dalam 25 juta tahun yang memicu perubahan iklim global. Para ilmuwan percaya letusan itu hampir memusnahkan umat manusia.

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat danau menjadi luar biasa seperti ukuran, lingkungan, ketinggian, kedalaman, atau satwa liar yang beranak-pinak di sana.

Selain Danau Toba, ada sembilan danau lainnya yang sangat mengagumkan di Bumi seperti dikutip dari cnn indonesia, Sabtu (30/10/2021).

Laut Kaspia
Berbatasan dengan Rusia, Azerbaijan, Iran, Turkmenistan, dan Kazakhstan, Laut Kaspia adalah danau terbesar di dunia. Bahkan, sangat besar sehingga kapal membutuhkan 17 jam untuk menyeberang.

Dengan luas permukaan sekitar 370 ribu kilometer persegi, danau ini merupakan danau yang berciri-ciri seperti laut yaitu berair asin dan sangat luas, berada di atas kerak samudera, serta dikelilingi daratan berpasir seperti halnya pesisir pantai.

Laut Kaspia juga terlalu besar untuk menjadi cantik meskipun pegunungan di selatan lebih dramatis daripada dataran di utara. Kota paling dinamis di Laut Kaspia adalah Baku di Azerbaijan.

Danau Baikal
Laut Kaspia mungkin merupakan danau terbesar berdasarkan volume dan luas permukaan, tetapi Danau Baikal adalah yang terdalam.

Danau panjang dan tipis ini juga merupakan danau air tawar terbesar di dunia. Dibentuk di celah tektonik, Baikal memiliki panjang 636 kilometer, dan memiliki pegunungan di barat, utara, dan timur laut.

Ojos del Salado
Ojos del Salado adalah gunung berapi aktif tertinggi di dunia dan gunung tertinggi kedua di Amerika Selatan. Di sebuah kawah di dekat puncak merupakan sebuah danau permanen yang hanya berdiameter sekitar 100 meter.

Danau ini disebut istimewa karena ia berada di atas ketinggian. Ojos del Salado berada di ketinggian 6390 meter di atas permukaan laut. Dan dinobatkan sebagai danau tertinggi di bumi.

Danau Titicaa
Danau yang berada di Peru ini tidak setinggi danau Ojos del Salado, tetapi masih masuk kategori danau besar tertinggi di dunia. Danau ini berada di ketinggian 3.812 meter di atas permukaan laut.

Ada banyak satwa liar, termasuk burung dan katak yang unik. Tapi pariwisata di Danau Titicaca cenderung terkonsentrasi pada situs Inca di sekitar tepi danau ditambah pulau buatan yang luar biasa terbuat dari alang-alang yang tumbuh di sekitar danau.

Danau Kariba
Tidak semua danau adalah hasil karya alam, dan Danau Kariba di Zimbabwe adalah danau buatan manusia terbesar di dunia.
Dibuat dengan membendung Sungai Zambezi untuk skema pembangkit listrik tenaga air, Danau Kariba mencapai panjang 223 kilometer dan lebar 40 kilometer.

Anehnya, danau ini masih kurang dimanfaatkan sebagai tujuan wisata

Kati Thanda-Lake Eyre
Kati Thanda-Lake Eyre merupakan danau garam terbesar di Australia. Danau ini memiliki daerah tangkapan air dari tiga negara bagian dan Northern Territory.

Danau bagian utara itu sendiri sangat besar, meliputi area dengan panjang 144 kilometer dan lebar 77 kilometer, dan berada pada 15,2 meter di bawah permukaan laut menjadikannya danau dengan titik terendah Australia, seperti dilansir dari laman resmi National Park and Wildlife Service.

Danau Turkana
Danau yang terletak di Lembah Rift Kenya ini dinobatkan sebagai danau gurun terbesar di dunia. Selain itu, ia juga merupakan danau alkali terbesar di dunia, yang membuat airnya tidak dapat diminum.

Tiga sungai mengalir ke danau, tetapi tidak ada yang keluar. Airnya menguap begitu saja. Danau ini terpencil, sulit dijangkau, dan sebagian besar belum tersentuh oleh pariwisata.

Danau Malawi
Danau Malawi adalah danau terbesar kesembilan di dunia berdasarkan volume, tetapi yang luar biasa di sini adalah jumlah kehidupan yang ditopangnya.

Danau air tawar yang terletak di antara Tanzania, Malawi dan Kenya ini memiliki jumlah spesies ikan terbesar dari semua danau di dunia. Ada begitu banyak spesies keluarga cichlid di Danau Malawi sehingga tidak ada yang bisa menghitung secara akurat.

Di danau ini ada industri pariwisata yang cukup berkembang yang memfasilitasi wisatawan dengan beberapa resor di sekitar pantai selatan dan tengah.

Danau Michigan
Danau yang berada di Amerika Serikat ini memiliki luas permukaan air 22.300 mil persegi, garis pantai Danau Michigan yang luas menawarkan beberapa daerah bukit pasir yang menakjubkan.

Dilansir dari Michigan.org, danau ini juga memiliki banyak pulau, terutama kepulauan Pulau Berang-berang dan Kepulauan Manitou Utara dan Selatan yang terletak di antara semenanjung Atas dan Bawah.

Wilayah Great Lakes bagian barat Michigan memiliki iklim yang unik, namun tetap bisa memberikan manfaat pada lingkungan sekitar seperti pertanian warga.

Mengunjungi danau Michigan wisatawan akan dimanjakan dengan latar belakang cakrawala Chicago yang menjulang tinggi. (*)

Komentar

Berita Hangat Lainya