oleh

Cegah Kebakaran Seperti Lapas Tangerang, Lapas IIB Sekayu Buat Persiapan Ini

SUARAPUBLIK.ID, SEKAYU – Menindaklanjuti instruksi dari pimpinan pasca terjadinya kebakaran di Lapas Kelas I Tanggerang. Dan sebagai bentuk deteksi dini terhadap gangguan Kamtib, Kepala Lapas Kelas IIB Sekayu
Jhonny H. Gultom A,Md IP., Sos, MH bersama Pejabat Struktural melakukan Pengecekan Instalasi Jaringan Listrik yang ada di blok hunian warga binaan.

Kepala Lapas kelas II B Sekayu, Jhonny H. Gultom A,Md IP., Sos, MH mengatakan, antisipasi agar kejadian seperti di lapas Kelas I Tanggerang tidak terjadi di lapas Sekayu, lapas II B Sekayu langsung melakukan pemeriksaan terhadap Instalasi Jaringan Listrik di lingkungan Lapas Sekayu secara berkala. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kewaspadan

“Langkah yang kita lakukan yakni dengan melakukan apel siaga diteksi dini dengan mengecek dan monitoring selalu instalasi listrik. Hal ini dilakukan guna penguatan gangguan kamtib,” ungkap Gultom, Kamis (9/9/2021).

Dikatakanya, pengecekan yang dilakukan di setiap titik sambungan atau memeriksa kabel dan stop kontak listrik yang kemungkinan sudah tua di semua ruang narapidana dan bangunan fasilitas penunjang lainnya di lingkungan Lapas.

Selain melakukan pengecekan terhadap Instalasi Jaringan Listrik, sebagai bentuk antisipasi Lapas Sekayu juga menambah daya listrik dari 16.600 KVA menjadi 53.000 KVA agar stabil saat penggunaan listrik.

“Pemeriksaan rutin kita lakukan, Lapas Sekayu juga sudah menyiapkan alat pemadam api ringan (apar), yang merupakan alat pemadam kebakaran portabel yang dipasang di sejumlah titik, untuk mengantisipasi adanya kebakaran kecil,” bebernya.

Tidak hanya itu, Gultom menyebut, pihaknya juga sudah memberikan pengarahan agar senan tiasa waspada dalam menjalankan tugas dan juga selalu diingatakan agar lebih meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan lapas baik dari luar dan dalam

Lanjutnya, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dan selalu bersinergi kepada pihak Polres Muba dan Kodim 0401/Muba, perihal kewaspadaan antisipasi gangguan kamtib. Di samping itu berdasarkan surat edaran direktur jenderal pemasyarakatan Kemenkumham RI berpesan meningkatkan pembinaan dan kepribadian bagi warga binaan.

“Misalnya kita melakukan senam jasmani bagi warga binaan agar selalu sehat dimasa vandemi covid 19 tersebut,” tandasnya. (Hfz)

Komentar

Berita Hangat Lainya