oleh

Bangunan Miliaran Milik Pemkab  Empat Lawang Terbengkalai

SUARAPUBLIK.ID, EMPATLAWANG, –  Satu unit bangunan kantor milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang  yang terletak di kawasan perkantoran Pemkab Empat Lawang, Landcape 7,5 Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo (Jalan Noerdin Pandji) Tebing Tinggi saat ini terbengkalai.

Informasi yang berhasil dihimpun, bangunan itu merupakan bangunan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang, yang baru dikerjakan tahap I pada 2018 lalu. Dengan nilai kurang lebih Rp 1,4 Miliar, atau 50 persen dari rencana anggaran semula sekitar Rp 3 Miliiar.

Entah apa penyebabnya, bangunan tersebut hingga kini belum kembali dilanjutkan pengerjaannya alias mangkrak.

Pantauan wartawan di lokasi, kondisi bangunan mulai ditutupi rumput hingga nyaris seluruh bangunan sudah dipenuhi semak belukar. Jika tidak segera di bersihkan, kemungkinan bangunan yang belum selesai tersebut mengalami kerusakan, sebelum kembali dilanjutkan pengerjaannya.

Entah apa penyebabnya, bangunan tersebut hingga kini belum kembali dilanjutkan pengerjaannya alias mangkrak.

Pantauan wartawan di lokasi, kondisi bangunan mulai ditutupi rumput hingga nyaris seluruh bangunan sudah dipenuhi semak belukar. Jika tidak segera dibersihkan, kemungkinan bangunan yang belum selesai tersebut mengalami kerusakan, sebelum kembali dilanjutkan pengerjaannya.

Senada dengan itu, salah seoarang warga lainnya, Tri, menyebut, pembangunan gedung kantor Disdik yang terletak persis di depan Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang tersebut, berpotensi menjadi bangunan mubazir.

Diapun menduga, ada ketidakberesan perencanaan pada pelaksanaan pembangunan gedung tersebut. Sebagai contoh, lokasi gedung yang berada di lahan dengan kemiringan cukup tinggi dan terletak terlalu dekat ke badan jalan, membuat gedung tersebut jika sudah selesai dibangun tidak dapat memiliki lahan parkir yang mumpuni. “Selaku masyarakat, kita hanya dapat mandang miris pada bangunan itu. Paling kita hanya bisa bilang, bertambah lagi bangunan mubazir,” tukasnya.

Sementara ketika hendak dikomfirmasi di Dinas PU Kabupaten Empat Lawang Kepala Dinas (Kadis) maupun Pejabat lainnya, Rabu (8/9/2021) tidak ada di tempat. (Alf)

Komentar

Berita Hangat Lainya