oleh

Akibat Bakar Sampah, Rumah Kamsyiah Hangus Terbakar

SUARAPUBLIK.ID, MUSI BANYUASIN – Warga yang tinggal di belakang Komplek Praja Permai, Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, pagi tadi, Minggu (10/10/2021), sekira pukul 09.30 WIB, mendadak heboh.

Pasalnya, rumah milik Kamsyiah (70) terbakar. Dugaan sementara kebakaran dipicu akibat membakar sampah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang didapat, peristiwa kebakaran bermula ketika korban usai membersihkan rumahnya. Lalu, beberapa tumpukan sampah berupa kertas dan buku-buku bekas di kumpulkan jadi satu di samping rumahnya dengan jarak sekitar 5 meter. Oleh Kamsyiah tumpukan sampah dibakar.

Kamsyiah pun meninggalkan bakaran sampah dan masuk ke dalam rumah. Korban tidak mengetahui bahwa kobaran api yang berasal dari tumpukan sampah itu membesar. Nahasnya menyambar pada bagian dinding rumahnya yang terbuat dari papan.

Kobaran api pun membesar. Kamsyiah yang melihat dinding rumahnya terbakar lalu berteriak meminta pertolongan.

Warga sekitar melihat kobaran api yang merambat di dinding rumah bergegas menyelematkan beberapa barang rumah. Sayangnya, oleh karena kobaran api terlalu besar, sebagian perabotan tidak terselamatkan, termasuk ijazah, Kartu Keluarga, dan surat-surat penting lainya.

Selang setengah jam, 5 unit armada kebakaran, yakni 4 unit dari Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) dan satu unit dari BPBD langsung melakukan upaya pemadaman. Karena api sudah membesar, rumah yang berdiri diatas tanah seluas 8×6 meter persegi kini tinggal puing puing.

“Ya Allah cobaan apa yang aku hadapi ini. Tadi hanya membakar sampah, dak tau aku kalau menyambar dinding rumah, sikok rumah tempat aku, sikoknyo kosong untuk dikontrakkan,” ujar Kamsyiah, sambil terduduk lemas.

Sementara Kapolsek Sekayu Iptu Akib Firdaus, membenarkan adanya peristiwa kebakaran tersebut. “Mengenai penyebab, untuk dugaan sementara berasal dari Bakaran sampah, tapi ini masih dilakukan penyelidikan,” katanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin, H Ibnu, pihaknya segera menyalurkan bantuan, “Segera kita salurkan bantuan, yang berguna untuk meringankan beban korban yang menghadapi musibah kebakaran,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya