oleh

Warga Binaan Lapas Lahat dibekali Ilmu Penanggulangan Kebakaran

-Lahat-28 views

SUARAPUBLIK.ID, LAHAT – Sebagai tindakan preventif dalam penanggulangan bahaya kebakaran di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Lahat, Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di Lapas Lahat diberikan pelatihan mengenai tindakan pencegahan dan penanggulangan pertama pada kondisi bencana kebakaran.

Kegiatan tersebut dapat terlaksana berkat kerja sama yang baik antara Lapas Kelas IIA Lahat dan juga Dinas Pol PP, Linmas dan Damkar Lahat.

Kepala Lapas Kelas IIA Lahat Pudjiono Gunawan SH M Si mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting untuk pengetahuan dalam hal pencegahan kebakaran di lingkungan Lapas maupun rumah tinggal masing-masing.

“Dan jika hal yang tidak diharapkan tersebut terjadi, maka seluruh petugas maupun warga binaan sudah terlatih dan dapat saling bekerja sama untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran,” katanya, Selasa (12/10/2021).

Lapas Lahat sendiri, dilanjutkan Pudjiono, bersebelahan dengan Depo Pertamina Lahat sehingga sangat penting dilakukan pencegahan kebakaran.

“Karena selain sebagai rumah bagi Warga Binaan, Lapas Lahat sendiri merupakan Aset Negara yang harus dijaga keamanannya, dimana selain itu juga Lapas Lahat sendiri lokasinya bersebelahan dengan Depo Minyak Pertamina, sehingga deteksi dini dan pencegahan bencana kebakaran adalah hal yang mutlak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pol PP, Linmas dan Damkar Fauzan Khoiri Denin menyampaikan, Sat Pol PP Linmas dan Damkar secara khusus bidang Damkar melaksanakan sinergitas tugas pokok fungsi dengan lembaga pemasyarakatan kabupaten Lahat, Secara khusus kami dari Sat Damkar memberikan edukasi dan simulasi penanggulangan terhadap bahaya kebakaran. terutama yang mengunakan alat alat tradisional dan semi modern dalam bentuk alat pemadam api ringan.

“Kita harapkan dengan sinergitas ini maka para warga binaan dan pegawai Lapas Lahat mempunyai wawasan ketika nanti ada hal hal yang tidak kita inginkan yang menyangkut kebakaran. Dan juga bagi warga binaan yang akan habis masa penahanannya, ilmu/ pengetahuan dalam simulasi, penanggulangan kebakaran dapat di sosialisasikan lagi di lingkungannya masing masing,” kata Fauzan .

Ditambahkan Fauzan, beberapa pelatihan yang di berikan diantaranya adalah bagaimana cara menggunakan APAR ( Alat Pemadam Api Ringan), Deteksi Dini Potensi Kebakaran, dan juga Tindakan Pertama jika terjadi kebakaran. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya