SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Persoalan infrastruktur berupa jalan rusak yang butuh perbaikan, pengadaan dan perbaikan lampu jalan, perbaikan drainase, hingga masalah banjir, masih menjadi permasalahan yang dominan dikeluhkan masyarakat Kota Palembang.
Hal ini terungkap dalam laporan reses 6 Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD Palembang yang menjadi agenda Sidang Paripurna ke-22 Masa Persidangan (MP) III, kemarin.
Dalam sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Palembang, Azhari Harris itu, Juru bicara (Jubir) Dapil I, Kgs Ishak Yasin mengatakan, dalam reses 10-14 Desember 2021, Dapil I mencatat sejumlah aspirasi konstituennya yang sebagian besar usulan pemeliharaan dan perbaikan jalan, perbaikan drainase, dan perbaikan lampu jalan.
“Masih seputar persoalan infrastruktur yang perlu perhatian Pemerintah Kota Palembang. Sedangkan persoalan lainnya menyangkut usulan makanan tambahan dan fasilitas posyandu serta rehab kantor Lurah,” ujar Ishak.
Senada dikatakanPaidol Barokat, Jubir Dapil II. Paidol mengungkapkan, aspirasi yang diterima Dapil II tak jauh berbeda dari sebelumnya yakni permintaan perbaikan jalan rusak, pengadaan dan perbaikan lampu jalan serta drainase yang tidak maksimal.
“Masalah infrastruktur ini masih menjadi keluhan masyarakat yang memang perlu ditindaklanjuti,” terangnya.
Tak jauh berbeda temuan yang diungkapkan Dapil III melalui Jubirnya, Yulfa Cindosari. Di mana adanya keluhan warga di lingkungan sekitar kawasan kolam retensi Simpang Polda.
“Di mana warga yang tinggal di kawasan kolam retensi sering mengalami banjir jika terjadi hujan lantaran saluran drainase sekitar berukuran kecil. Warga sekitar berharap agar dinding kolam retensi ditinggikan,” ungkap politisi asal PKS ini.
Selain itu, lanjut Yulfa, dari temuan Dapil III, diminta agar Pemkot melalui Dinkes melakukan perbaikan fasilitas dan bangunan Puskesmas Ariodillah termasuk kawasan parkir yang terbatas, sehingga saat warga berobat kerab terjadi penumpukan.
“Dari masalah ini (Puskesmas Ariodillah) kita berharap adanya upaya yang dilakukan Pemkot agar pelayanan kesehatan Puskesmas Ariodillah maksimal dan warga nyaman saat berobat,” jelasnya.
Kemudian Dapil IV, melalui Jubir Feby Anggi Pratama, menyinggung aspirasi masyarakat terkait insentif RT dan RW serta penertiban kendaraan berat yang melanggar parkir. Selanjutnya kata Feby, Dapil IV juga menerima aspirasi soal penyaluran BLT yang masih tak tepat sasaran.
Sedangkan laporan reses Dapil V, melalui Jubir Chairuddin Pelita Maret Amd mengatakan, aspirasi yang diterima pihaknya berupa perbaikan infrastruktur terutama jalan.
Selain itu Chairuddin menyoroti banyaknya Lurah yang masih Plt (pelaksana tugas) segera didefinitifkan, minta uang makan guru segera dibayarkan serta tenaga pendidik yang mengabdi diatas 10 tahun agar diprioritaskan dalam tes PPPK.
Lalu Jubir Dapil VI, Fauzi Achmad mengungkapkan, semua keluhan warga yang diterima pihaknya dalam reses sebagian besar sama dengan yang ditemukan Dapil lainnya.
“Artinya persoalan yang dikeluhkan masyatakat masih menyangkut infrastruktur seperti pemeliharaan jalan yang rusak serta drainase,” tuturnya. (ANA)
Komentar