Penari Tim dari Kecamatan Tebingtingi Bawakan Sedekah Tengkat

Empat Lawang158 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, EMPAT LAWANG – Tim Kesenian dan Budaya Kecamatan Tebing Tinggi, menampilkan pagelaran Seni Teater yang bertemakan Sedekah Tengkat.

Gelaran seni yang ditampilkan itu, dipetaskan di Festival Saling Keruani Sangi Kerawati, di Gedung Serbaguna (GSG) Pemkab Empat Lawang. Dalam rangka peryaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Empat Lawang.

Diketahui, salah satu agenda dalam rangka merayakan HUT ke 16 kabupaten Empat Lawang itu, Pemkab Empat Lawang, mengadakan Festival Seni dan Budaya yang dilabeli Festival Saling Keruani Sangi Kerawati.

Materi yang dilombakan antara lain, Lagu Daerah, Tari dan Teater antar kecamatan di Empat Lawang, termasuk peserta dari Kecamatan Tebing Tinggi.

Camat Tebing Tinggi, Noperman Subhi didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Tebing Tinggi Leli Susanti menjelaskan, Tim Kesenian dan Budaya Kecamatan Tebing Tinggi menampilkan kesenian teter dengan tema Sedekah Tengkat.

Dirangkai menjadi satu jalinan cerita, gambaran Sedekah Tengkat digbarkan dalam seni teater yang dipadukan dengan tarian yang dibawakan oleh 4 penari lincah dengan memakai pakaian serba hijau memegang baskom dan tampah. Hal ini mengambarkan suasana pesta menyambut pernikahan.

Tari ini diciptakan oleh Aryadi, guru dan sekaligus pembina kesenian SMAN 1 Tebing Tinggi.

Selanjutnya ada lagu berjudul Ting yang menggambarkan bunyi piring yang memeriahkan pesta pernikahan. (*)

    Komentar