oleh

Over Crowdied, Lapas Klas III Pagar Alam Antisipasi Kebakaran

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Pasca tragedi kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanggerang yang menewaskan puluhan napi, Lapas Kelas III Pagar Alam langsung ambil langkah antisipasi.

“Pasca kejadian kebakaran tersebut, kita pihak Lapas langsung menggelar rapat koordinasi para pegawai merujuk adaran edaran dari Ditjen PAS Kemenkum HAM RI,” ujar Kalapas Kelas III Pagar Alam, Jalaludin, Kamis (9/9/2021).

Ia mengatakan, rapat koordinasi sudah dilakukan. Yang jelas, tragedi kebakaran tersebut pihak Lapas segera mengecek kondisi instalas listrik yang ada di Lapas.

“Kita juga berkoordinasi dengan pihak PLN untuk mengecek detail kondisi instasi listrik yang ada di bangunan Lapas baik kantor, serta kamar kamar hunian napi,” ulasnya.

Ia menyebutkan, antisipasi yang dilakukan  jangan sampai terjadi di Lapas Kelas III Pagar Alam Soalnya,pasalnya, kondisi Lapas Tanggerang jika dilihat huniannya sama sama over crowdied (melebihi kapasitas). Walau kondisi instalasi dinilai aman namun pihak Lapas tidak tinggal diam.

“Kamar hunian di Lapas Kelas III Pagar Alam idealnya tidak lebih 20 orang. Namun kondisi dilapangan melebihi bahkan ada satu kamar dihuni mencapai 40 orang,” ucapnya.

Ia menyebutkan,untuk saat ini napi dan tahanan di Lapas berjumlah mencapai 200 orang.Bayangkan, jika terjadi insiden kebakaran jika kondisi kamar over crowdied.

“Selain pengecekan instasi listrik, kita juga fokus pemicu bahaya kembakaran semisal pengesekan dapur masak, bengkel kerja serta pemicu lain yang menimbulkan percikan api,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya