oleh

Melimpah, Cadangan Batubara di Lahat Capai 2,2 Miliar Ton

-Lahat-56 views

SUARAPUBLIK.ID, LAHAT – Total sumber daya batubara di Kabupaten Lahat mencapai 2,2 miliar Ton. Dengan rata-rata produksi sebesar 20 juta ton per tahun, maka umur cadangan batubara masih banyak untuk beberapa puluh tahun kemudian. Apabila diasumsikan tidak ada temuan cadangan baru.

Kekayaan alam batubara di wilayah Bumi Seganti Setungguan, memang disorot oleh perusahaan-perusahaan eksplorasi. Bahkan, awal produksi terjadi pada tahun 2008.

Walaupun jumlahnya sedikit saat itu, namun seiring waktu, perusahaan penambang batubara kian bertambah. Bahkan, tercatat hingga 2021, ada 33 perusahaan yang memiliki IUP di Kabupaten Lahat.

Wilayah yang punya potensi tertinggi produksi batubara ini adalah Merapi Area. Bahkan, kawasan yang terdiri dari Kecamatan Merapi Barat, Selatan dan Timur ini, masih menjadi andalan Lahat, alias tertinggi dalam penyediaan energi. Batubara banyak digunakan, seperti sebagai bahan bakar PLTU pabrik, dan industri yang menggunakan listrik.

Produksi terbanyak dari PT Bukit Asam (PTBA) sekitar 7 – 8 Juta Ton. Disusul PT Muara Alam Sejahtera (PT MAS), PT Bara Alam Utama (PT BAU), PT BGG, PT Golden Great Borneo, PT Banjarsari Pribumi, PT Dizamatra Powerindo, PT DAS dan perusahaan lainnya dengan angka produksinya rata rata mulai 1-3 juta ton pertahunnya.

“Daya angkut batubara mencapai 20 juta ton. Kalau 25 juta itu sangat luar biasa per tahunnya,” ujar Sekda Lahat Chandra, melalui Kabag SDA Setda Pemkab Lahat, Syaifullah Aprianto, Rabu (3/11/2021).

Menurutnya, penambahan jumlah perusahaan batubara di Kabupaten Lahat tidak bisa lagi dilakukan semenjak tahun 2009. Hal ini berdasarkan aturan dari pemerintah pusat dan harus dilakukan lelang.

“Kalau PT Bara Manunggal Sakti (BMS) di Desa Manggul itu IUP-nya sudah lama, hanya saja baru memulai bereksplorasi,” ujarnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya