oleh

SMKN 6 Terapkan Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh

Suarapublik.id, Palembang,

 

Sebagai salah satu sekolah terpilih dalam program Workshop on Common Asean Tourism Curriculum Based Online Course Development, yang diselenggarakan SEAMEO Regional Open Learning Center (SEAMOLEC) SMK Negeri 6 Palembang melaksanakan permodelan pembelajara terbuka jarak jauh pada 2021 ini

 

Kepala SMK Negeri 6 Palembang Zulfikri mengatakan, pada pembelajaran terbuka jarak jauh SEAMOLEC kembali merancang dan mengembangkan model pembelajaran Daring Berbasis Common Asean Tourisn Curriculum (CATC) di Asia Tenggara.

 

“Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari 21-23 Juni 2021, dalam rangka pendampingan pengembangan pembelajaran berbasis CATC,”jelasnya seraya mengatakan, selain SMK Negeri 6 ada SMK Negeri 3 Palembang dan SMK Negeri 8 Palembang yang menjadi peserta.

 

Lanjutnya, kerjasama dijalin SEAMEO SEAMOLEC dan SMK Negeri 6 Palembang, mengenai Program pengembangan dan Implementasi Kursus dalam Jaringan Berbasis CATC.

 

Kepala Bidang SMK Disdik Sumsel, Mondyaboni, S.E, S.Kom mengatakan, Dinas Pendidikan provinsi Sumsel khususnya bidang SMK menyambut baik kegiatan ini. Karena kegiatan ini sangat tepat sebagai sarana pendekatan Daring ditengah pandemi covid-19. “Tak kalah penting dalam meningkatkan kompetensi siswa di bidang Pariwisata,”jelasnya.

 

Tak hanya itu, sambung, Mondyaboni, harus ada kesadaran yang komprehensif bahwa pengembangan kurikulum mutlak dilakukan namun tidak boleh tercabut daru akarnya yaitu nilai-nilai kearifan lokal yang lahir, tumbuh dan berkembang secara bersama-sama dengan sektor pariwisata.

 

“Pengembangan kurikulum pariwisata penting dilaksanakan dalam pengembangan kompetensi siswa dalam bidang pariwisata,”tandasnya

 

Sementara itu, Perwakilan Direktur SEAMEO SEAMOLEC, R. Alpha Amirrachman, M.Phil, Ph.D menjelaskan, kenapa pihaknya melakukan kerjasama dengan berbagai SMK karena , pendidikan harus dikembangkan untuk memenuhi hajat hidup masyarakat.

 

Katanya, pengembangan pendidika akan semakin efektif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam program pengembangan dan Implementasi kursus dalam jaringan berbasis CATC.

 

“Kita bersama SMK Negeri 6 dan beberapa sekolah lainnya memiliki tujuan sama dan saling melengkapi untuk kerjasama dan beberapa bidang pendidikan yang utama dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,”ujarnya , (hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed