100 Persen Selesai, Besok Tol Indralaya -Prabumulih Dioperasionalkan Gratis

Kota Palembang372 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG -Jalan Tol Trans Sumatra ruas Indralaya-Prabumulih (Indraprabu) telah rampung 100 persen dan akan dibuka besok (30/8/2023). Rencananya, Tol sepanjang 64,5 kilometer ini sudah bisa dilalui pengguna namun tanpa adanya biaya (Gratis).

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menjelaskan jika informasi dibukanya Tol Indraprabu oleh kementerian PUPR besok dan akan digratiskan untuk sementara hingga keputusan diberlakukannya tarif berbayar.

“Besok saya akan Tap in pertama masuk pintu Tol,” kaya Herman Deru dibincangi dikantornya, Selasa (29/8/2023).

Deru mengatakan jika Presiden RI Joko Widodo akan langsung meresmikan Tol Indraprabu pada bulan September.

Baca Juga :  22 Ribu Ton Beras SPHP Tersalurkan ke Sumsel Jaga Stabilitas Harga Beras

“Harusnya di Bulan Agustus ini Presiden meresmikan tol Indraprabu, namun ternyata Presiden ada kesibukan dan perjalanan keluar Negeri makanya peresmiannya ditunda,” ungkapnya.

Syamsul Rijal, Branch Manager Cabang Tol Palembang-Indralaya mengatakan, dengan adanya tol tersebut tentunya pengguna kendaraan bisa lebih hemat memangkas waktu tempuh. Dari semula bisa sekitar 2 jam dari Indralaya ke Prabumulih, kini bisa hanya sekitar 30 menit saja.

“Kami sudah memastikan bahwa semua fasilitas untuk pengguna tol sudah siap. Mulai dari rest area, CCTV sepanjang tol, ambulans, mobil derek, PJU, dan sebagainya. Namun untuk SPBU, Pertamina masih dalam proses penyiapan SPBU modular untuk memenuhi kebutuhan BBM di Tol Indraprabu ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Kapolrestabes Keluarkan Surat Larangan Musik Remix, Pelanggar Didenda Rp5 Juta

Pihaknya pun sudah menempatkan 157 personil untuk jasa layanan operasi, 12 orang tenaga paramedis dan 14 personil patroli dari Polda Sumsel.

Di tol Indraprabu, kata dia, ada dua rest area di KM 56 yang merupakan rest area tipe A. Masing-masing rest area seluas 6 hektar dengan fasilitas yang cukup lengkap bagi pengendara.

“Untuk waktu operasional adalah 24 jam. Jika sebelumnya saat fungsional di Hari Raya Idul Fitri adalah pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB, berbeda dengan saat ini. Karenanya personil dan sarana prasarana sudah siap dan standby,” kata dia.

Baca Juga :  Sedih Dan Haru Ribuan PPPK Palembang Resmi di Lantik Walikota Palembang

Syamsul menyebutkan, ditarget tol tersebut bisa dilintasi 9.000 hingga 10.000 kendaraan per harinya. “Namun selama masa uji coba ini, kami yakini ada 3.000 kendaraan yang melintas Indraprabu per harinya,” kata dia.

    Komentar