oleh

Selaraskan Kurikulum, BBPMPV BBL Medan Monitoring Kesiapan SMK 2 Pagar Alam

SUARAPUBLIK.ID, PAGAR ALAM – Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Medan, melakukan kunjungan ke Pagar Alam, Jum’at (23/9/2021), guna melakukan pendampingan penyelarasan kurikulum dengan standar Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA).

Kunjungan ini dilakukan sebagai upaya melihat langsung atau monitoring, kesiapan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Pagar Alam, sebagai salah satu sekolah (Pusat Keunggulan).

Kepala SMK Negeri 2 Pagar Alam Pandra memaparkan, bahwa dengan penyelarasan kurikulum ini, nantinya diharapakan kurikulum dunia industri sudah terbentuk di sekolah, sehingga terjadi link and super match degan DUDIKA.

“Yang artinya kebutuhan industri nantinya bisa terpenuhi,” ujarnya.

Selain itu, kata Pandra, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun budaya kerja di dunia industri, agar nanti lulusan (alumni) yang kompeten pada kompetensi keahlian tertentu dapat terserap diĀ  DUDIKA serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi dengan pendidikan vokasi yang secara sitematik menyeluruh dengan DUDIKA.

“Dan tahun ini kita bersyukur, bahwa ada 11 Alumni SMK sudah diterima di DUDIKA yakni 5 orang jurusan perhotelan, 5 orang jurusan listrik, dan 1 orang jurusan tata boga,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika sebelumnya melaluiĀ  Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 2 Pagar Alam menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan upaya memberikan lapangan kerja dan menjembatani tamatan (alumni) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terserap ke dunia industri, maka pada tahun ini juga membangun kerjasama atau penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan DUDIKA.

“Sekaligus penyerahan tenaga Alumni kepada salah satu hotel di Pagar Alam yakni Orchid Hotel,” terangnya.

Sementara, tim monitoring dari BBPPMPV BBL Medan, Siska Matondang dan Ira Kartini Damanik mengatakan, bahwa monitoring ini bagian dari melihat kesiapan sekolah PK itu sendiri.

“Karena sebagaimana diketahui, SMK Negeri 2 Pagar Alam memiliki dedikasi yang cukup tinggi dalam menjembatani alumni agat terserap di DUDIKA,” terangnya. (ANA)

Komentar

Berita Hangat Lainya