oleh

Mahasiswa PGRI Tuntut Rektorat, Belum Cairkan Dana UKT

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Puluhan mahasiswa PGRI Palembang melakukan aksi demonstrasi siang ini di depan kantor Gubernur Sumsel, Rabu (8/9/2021). Aksi ini mereka lakukan untuk menuntut Gubernur Sumsel Herman Deru menegur pihak rektorat PGRI agar segera mencairkan bantuan UKT dari Gubernur Sumsel untuk mahasiswa, di tengah masa Pandemi Covid-19.

Puluhan Mahasiswa PGRI ini berasal dari BEM Mahasiswa dan Fakultas Tekhnik Universitas PGRI Palembang. Medi Susanto, Presiden Mahasiswa (Presma) PGRI Palembang menjelaskan, sebenarnya ada tiga tuntutan yang mereka ajukan kepada Gubernur Sumsel.

Pertama, menegur rektorat PGRI Palembang terkait bantuan UKT yang diberikan tahun lalu. Namun, ada sebagian dana tersebut belum tersalurkan kepada mahasiswa yang menerima bantuan. Kedua, menuntut agar secepatnya dilakukan belajar tatap muka, Ketiga agar menurunkan dana UKT.

“Ini dana bantuan tahun lalu, dari 1945 Mahasiswa yang mendapat bantuan, 428 diantaranya sampai saat ini belum mendapatkan bantuan tersebut. Jadi semuanya belum tersalurkan, padahal ini bantuan dari Gubernur,” kata Medi saat di bincangi.

Menurut Medi, ia dan rekannya telah mengetahui jika dana ini telah dicairkan tahun lalu. Namun, belum disalurkan oleh pihak Universitas PGRI. “Kita sudah berbicara dengan pihak rektorat, alasan mereka ada mahasiswa yang tidak mengajukan dan ada juga yang terkendala administrasi,” jelasnya.

Lanjut Medi, untuk itulah mereka menuntut Gubernur Sumsel untuk menegur Rektorat Universitas PGRI Palembang agar segera mencairkan dana tersebut. Ia bahkan mengancam akan melakukan aksi serupa dengan massa yang lebih banyak jika sampai tidak kejelasan.

“Jika tidak ada kejelasan minggu depan kami akan kembali datang ke sini (Kantor Gubernur) dengan massa yang lebih banyak,” tegasnya. (Rez)

Aksi Mahasiswa PGRI kali ini ditemui Asisten 1 Pemerintah Provinsi Sumsel Rosidin Hasan, kata dia. Aspirasi dadi Mahasiswa akan ia terima dan akan ia laporkan kepada Gubernur Sumsel.

“Akan saya laporkan ke Gubernur Herman Deru, sekarang semuanya bersabar dahulu semoga ada jalan terbaik dari aspirasi yang disampaikan,” jelasnya.(rez)

Komentar

Berita Hangat Lainya