oleh

Herman Deru Singgung Menkes tak Update Data COVID-19 Varian Delta

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, singgung Kementerian Kesehatan tidak melakukan update terkait varian Delta COVID-19, yang dikatakan masih ada di Sumsel.

Padahal, kata Deru, semua pasien varian Delta telah lama sembuh dan sampai saat ini, tidak ada lagi penambahan. Diketahui, empat kasus COVID-19 varian Delta di Sumsel sudah dinyatakan sembuh sejak Januari 2021.

“Tadi ada satu hal yang saya komplain pada pemerintah pusat, masalah virus varian Delta, Sumsel disebut terus, padahal sejak Desember sampai Januari tidak ada lagi,” kata Herman Deru, usai Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro Diperketat dan PPKM Darurat. Sabtu (17/7/2021).

Menurut Deru, dirinya selalu mengikuti perkembangannya, empat kasus tersebut tercatat pada Desember 2020, dan keempatnya sudah pulih dan sembuh pada awal tahun 2021. Adapun empat kasus itu ditemukan di Palembang dan Prabumulih dengan masing-masing satu kasus, serta dua kasus di Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

“Memang virus varian Delta ini pernah ditemukan di Sumsel, yakni dua kasus di PALI dan masing-masing satu kasus di Prabumulih dan Palembang. Namun keempatnya sudah sembuh pada Januari lalu,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Deru meminta agar menteri perekonomian dan menteri kesehatan agar segera menghapus data dari Kementerian kesehatan yang menyatakan bahwa Sumsel masih terdapat pasien yang terpapar virus varian Delta.

“Saya tadi meminta kepada dan Menteri Kesehatan agar segera mengapus data tersebut, ngapain disebut terus kan kita di Sumsel sudah dari Januari kemarin sudah banyak sembuh untuk kasus varian Delta,” tegasnya.

“Saya heran sebab empat kasus ini selalu muncul di setiap rapat (bersama Pemprov se Indonesia dan pemerintah pusat). Empat kasus ini sudah sembuh semua. Kami meminta agar pusat memperbaharui tentang kasus ini,” jelasnya. (ANA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed