Pertamina Undang Jurnalis Sumbagsel Tuangkan Karya Terbaik di Anugerah Jurnalistik Pertamina 2023

Sumsel149 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Pertamina mengajak para jurnalis Indonesia untuk kembali berpartisipasi dalam Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP). Dalam penyelenggaraan kali ini, AJP 2023 mengusung tema “Energizing The Nation”.

Tema tersebut merupakan penegasan Pertamina atas komitmen dan peran strategisnya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan memastikan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.

“AJP 2023 terbuka untuk seluruh insan pers di seluruh Indonesia, baik media nasional maupun lokal,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR RU III Siti Rachmi Indahsari, yang juga Koordinator Teritorial 3 (Sumbagsel) AJP 2023.

Rachmi melanjutkan, dalam AJP 2023 Pertamina mengajak pada jurnalis di Sumbagsel menampilkan karya-karya terbaiknya sejalan dengan komitmen Pertamina, untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Dalam kompetisi ini, para jurnalis di provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung, dapat mengikutsertakan karya sebanyak-banyaknya tanpa dibatasi. Adapun karya yang didaftarkan dalam AJP 2023 merupakan berita positif dan sudah pernah dipublikasikan atau disiarkan di media massa pada rentang waktu 11 November 2022 sampai dengan 31 Oktober 2023.

Baca Juga :  Buka Olimpiade Sekolah PGRI Tingkat Nasional I, HD : Saya Salut dan Bangga dengan PGRI Sumsel

Pada AJP yang digelar kali ke 20 ini, Pertamina menawarkan 6 kategori karya meliputi kategori media cetak, media online, media radio, media televisi, essay foto, dan publikasi CSR/UMKM Pertamina.

Khusus karya publikasi CSR/UMKM Pertamina bisa diikuti jurnalis media cetak, online, maupun elektronik. Sedangkan kategori essay foto bisa diikuti jurnalis media cetak dan online.

Seluruh karya AJP 2023 akan diseleksi secara berjenjang mulai tingkat teritori, hingga tingkat nasional untuk memperebutkan grand final dan best of the best.

Pertamina menyediakan beragam hadiah menarik berupa uang tunai, piala, hingga kursus singkat di luar negeri.

Untuk diketahui, perihal informasi, syarat, dan ketentuan maupun formulir pendaftaran AJP 2023 bisa diakses melalui https://ptm.id/pendaftaran_ajp2023.

Berikutnya, kategori yang dapat diikuti oleh jurnalis adalah Pertamina Go Green, Pertamina Go Global, Pertamina Go Digital, Pertamina Go Productive & Efficient, Pertamina Go Collaborative, dan Pertamina Go Sustainable.

Adapun topik pemberitaan yang dapat diangkat, meliputi topik-topik positif mengenai unit bisnis dan anak perusahaan Pertamina Group di wilayah Teritorial 3 yang meliputi Sumsel, Lampung, Bengkulu dan Babel.

Baca Juga :  Buka Olimpiade Sekolah PGRI Tingkat Nasional I, HD : Saya Salut dan Bangga dengan PGRI Sumsel

Unit bisnis yang dimaksud antara lain PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Pertamina Lubricant SR II, Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 4 untuk Prabumulih Field, Pendopo Field, Limau Field, Adera Field dan Ramba Field.

Selanjutnya, Pertamina Hulu Energi (PHE) Ogan Komering, PHE Jambi Merang, Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) Area Sumbagsel, Pertamina Gas Negara (PGN) Sumatera Bagian Selatan, Pertamina Geothermal Energy (PGE) Hulu Lais, Ulu Belu, Bukit Daun dan Lumut Balai.

Jika jurnalis di Sumbagsel tertarik untuk mengangkat pemberitaan mengenai  kegiatan hulu migas atau Subholding Upstream, dapat menghubungi Head Of Communication, Relations & CID PHR Zona 4, Tuti Dwi Patmayanti.

Adapun jika jurnalis tertarik mengangkat pemberitaan mengenai proses hilirisasi migas di kilang minyak serta industri petrokimia di bawah Subholding Refining & Petrochemical, dapat menghubungi PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju.

Sementara, jika jurnalis tertarik mengangkat pemberitaan mengenai seluk beluk hilirisasi produk BBM hingga ke konsumen akhir, dapat menghubungi Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan.

Baca Juga :  Buka Olimpiade Sekolah PGRI Tingkat Nasional I, HD : Saya Salut dan Bangga dengan PGRI Sumsel

Selain itu, industri lain yang dijalankan dan dioperasikan Pertamina di Sumbagsel juga mencakup Subholding Gas, dimana jika jurnalis tertarik mengangkat pemberitaan di topik tersebut, dapat menghubungi Pertagas Operation West Region dan PGN area Palembang Sumsel.

Terakhir, jika jurnalis ingin mengangkat pemberitaan di industri energi terbarukan khususnya panas bumi, dapat menghubungi PT Pertamina Geothermal Energy sebagai Subholding New & Renewable Energy.

Adapun untuk informasi lebih detail, jurnalis dapat mengikuti informasi terkini di akun Instagram @pertamina_ru3.

AJP 2023 merupakan bagian dari apresiasi Pertamina kepada seluruh insan pers yang selama ini menjadi mitra strategis dalam mendukung visi Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia. “Kami mengundang partisipasi insan jurnalis di Sumbagsel untuk menuangkan karya-karya terbaiknya, demi menyebarluaskan energi positif dari Pertamina untuk negeri,”  tutup Rachmi.

    Komentar