Pemkab Banyuasin dan PA Tandatangani MoU Sekaligus Launching Aplikasi Inovasi dan Isbat Nikah

Kota Palembang626 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, BANYUASIN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Lintas Instansi, sekaligus Launching Aplikasi Inovasi dan Isbat Nikah Terpadu pada Pengadilan Agama Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin, Kamis (14/9).

MoU dan Launching Aplikasi Inovasi dan Isbat Nikah Terpadu ini bertempat di Gedung Graha Sedulang Setudung yang dihadiri langsung oleh PLT Dirjen Badan Peradilan Agama (Badilag) MA RI Bambang H Mulyono SH MH, KPTA Palembang Ketua Pengadilan Tinggi Agama Dr H Zulkifli Yus MH dan para kepala Instansi terkait.

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH dalam sambutannya mengatakan, momentum ini tentu menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri untuk kita semua karena hari ini adalah muara sekaligus garis start yang menjadi awal sinergi seluruh forkopimda di Banyuasin.

Komitmen ini memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin. Pemerintah daerah saat ini dituntut membangun kapasitas penyelenggaraan pemerintahan dan daya saing daerah.

Baca Juga :  Oktober Kenaikan Tarif PDAM Palembang Ada Tiga Kategori Kelompok 

“Hal tersebut sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Inovasi di segala bidang merupakan jawaban terhadap hal tersebut, baik di bidang tata kelola pemerintahan daerah, pelayanan publik maupun inovasi bentuk lainnya di masyarakat,” kata Askolani.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Banyuasin terus berkomitmen untuk mendorong dan membangun budaya inovasi di berbagai sektor melalui kebijakan yang diharapkan dapat menimbulkan dampak luas bagi seluruh lapisan masyarakat di Banyuasin,” timpal dia.

Menurutnya pada hakikatnya memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat adalah hal yang wajib terus kita lakukan. Bukan saja pada pelayanan administrasi tetapi juga pada bidang-bidang lainnya.

Oleh karena itu dirinya merasa senang dan tentunya akan memberikan apresiasi setinggi-tingginya jika seluruh instansi di wilayah Banyuasin dan jajarannya selalu mencari cara kerja yang efektif dan efesien.

Baca Juga :  Baznas Palembang Akan Dirikan Sekolah Santri Preneur Bagi siswa Putus Sekolah

Baik itu melalui inovasi ataupun Kerjasama lintas instansi sehingga kehadiran masyarakat merasakan pemerintah daerah maupun pemerintah dari instansi vertical di Banyuasin ini dalam segala aspek kehidupan.

“Saya minta agar ikut mensosialisasikan dan diimplementasikan inovasi pelayanan ini di kantornya masing-masing sehingga MoU yang disepakati hari ini dan aplikasi yang dilaunching ini benar-benar dirasakan manfaatnya,” ucap dia.

Ditempat yang sama Plt Dirjen Badilag MA RI Bambang H Mulyono SH MH menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Banyuasin yang telah mensuport penuh kegiatan dari Pengadilan Agama Pangkalan Balai, sehingga bisa memiliki kemajuan dan sekaligus memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tentunya ini menjadi kolaboratif dan kerja sama yang baik yang harus dilanjutkan sehingga terciptanya pelayanan yang prima kepada masyarakat maupun stakeholder lainnya,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua PA Pangkalan Balai Achmad Fikri Oslami SHI MHI menyebut, selain aplikasi yang di launching pada hari ini, akan ada sejumlah aplikasi yang akan di launching pengadilan agama Pangkalan Balai kedepan beberapa diantaranya yang saya ketahui.

Baca Juga :  Antisipasi Kelonjakan Harga Beras Wawako Palembang Sambangi Bulog

Dinternal ada Visi Barat (Video Sistem Informasi Bahasa Isyarat) untuk pelayanan yang mudah diakses bagi penyandang disabilitas Mami Papi Tanya (Makan Minum Pihak Tanpa Bayar) untuk pihak yang datang ke Pengadilan Agama Pangkalan Balai dan masih banyak lagi.

Kemudian di instansi luar ada Tata Rias (Antar Akta Cerai Via Pos) kepada alamat domisili pihak yang berperkara, Dasi Pak Capil bekerja sama dengan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil untuk integrasi data para pihak dalam perkara perceraian.

“Maka dari itu, kami mengajak seluruh Kepala OPD dan seluruh stakeholder terkait agar dapat bekerja sama dengan kami dalam mensukseskan inovasi ini,” pungkas dia. (Adm)

    Komentar