Pastikan Kenyamanan Listrik Selama Nataru, PLN ULP Kota Baru Sosialisasikan Keselamatan Jaringan Listrik

JAMBI60 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, JAMBI – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2025, PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kota Baru melakukan sosialisasi keselamatan listrik melalui program PLN Jaga Kamu (Jaga Keselamatan Masyarakat Umum). Program ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga keselamatan di sekitar jaringan listrik, demi mencegah potensi kecelakaan yang dapat mengancam jiwa maupun infrastruktur kelistrikan.

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kota Baru Jambi, Agustina Pertiwi, menerangkan bahwa PLN memprioritaskan Keselamatan masyarakat, petugas dan juga instalasi kelistrikan. Untuk itu kepatuhan pada aturan keselamatan, perlu menjadi perhatian bersama agar dapat mencegah insiden yang tidak diinginkan. PLN menghimbau masyarakat untuk memperhatikan beberapa langkah keselamatan berikut:

1. Tidak bermain layang-layang di bawah jaringan listrik. Bermain layangan di sekitar jaringan listrik berbahaya, terutama jika menggunakan benang berserat logam yang dapat menghantarkan arus listrik.

Baca Juga :  Tiket Proliga 2025 Pekan Pertama Tersedia di PLN Mobile, Begini Cara Pembeliannya

2. Tidak mencantolkan benda pada jaringan listrik. Mencantolkan benda seperti bendera atau kain dapat menyebabkan gangguan listrik, kerusakan, hingga risiko kebakaran.

5. Menjaga jarak aman saat membangun atau merenovasi bangunan. Memastikan bangunan tidak terlalu dekat dengan jaringan listrik untuk mengurangi risiko tersengat listrik.

6. Tidak menanam pohon besar didekat jaringan listrik. Pohon besar dapat menyentuh kabel listrik dan memicu hubungan pendek atau kebakaran.

7. Menghindari aktivitas yang terlalu dekat dengan kabel jaringan dan gardu listrik. Jaringan dan Gardu listrik hanya boleh diakses oleh petugas berkompeten. PLN mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di sekitarnya.

Baca Juga :  Tiket Proliga 2025 Pekan Pertama Tersedia di PLN Mobile, Begini Cara Pembeliannya

“PLN juga aktif melakukan sosialisasi di sekolah, tempat ibadah, dan komunitas lokal untuk meningkatkan pemahaman masyarakat luas tentang keselamatan listrik. Selain itu, inspeksi rutin jaringan listrik, pemangkasan pohon, serta respons cepat terhadap laporan masyarakat terus dilakukan untuk memastikan keamanan, terutama di kawasan padat penduduk”, ungkap Agustina.

Dengan berbagai langkah preventif ini, PLN berharap masyarakat semakin memahami pentingnya menjaga keselamatan di sekitar jaringan listrik, terutama menjelang masa libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Agustina Pratiwi juga berharap masyarakat dapat melaporkan jika terjadi gangguan listrik atau ada kebutuhan layanan kelistrikan dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center 123 yang beroperasi 24 jam.

Baca Juga :  Tiket Proliga 2025 Pekan Pertama Tersedia di PLN Mobile, Begini Cara Pembeliannya

“Melalui program ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di sekitar jaringan listrik demi keselamatan dan kenyamanan bersama. Jika melihat potensi gangguan, segera lapor ke PLN Mobile atau unit layanan terdekat.” tutup Agustina Pertiwi.

    Komentar