oleh

Mudahkan Warga, Disdukcapil OKI Gencarkan Jelades Semedi

SUARAPUBLIK.ID, OKI – Luas wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah sebesar 19.023,47 kilometer, terluas di pulau Sumatera dan terdiri dari 18 Kecamatan dan 327 Desa/Kelurahan.

Dengan keadaan geografi tersebut, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terus menggenjot perekaman KTP, dan layanan kependudukan, dengan melaksanakan program Jelades Semedi (Jemput Bola ke Desa Sehari Langsung Jadi).

Seperti yang terlihat pada Rabu, 3 November 2021. Jelades Semedi dilaksanakan di Desa Penyandingan, Tanjung Batu, dan Tulung Selapan Ulu Kecamatan Tulung Selapan.

Dalam kegiatan itu Disdukcapil OKI melakukan proses perekaman, cetak KTP-el, KK, Akta, dan KIA, langsung cetak di tempat, di Desa Cambai, Tulung Selapan.

“Kami mendorong layanan jemput bola bagi masyarakat yang terkendala jarak dan hal teknis lainnya. Kini masyarakat, bisa mendapat layanan cukup dari rumah. Sekarang juga bisa mengakses layanan kependudukan online via aplikasi Lakon Mandira,” tutur Kepala Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kabupaten OKI, H. Hendri.

Menurut Hendri, JELADES KABOKI adalah program Disdukcapil yang membahagiakan masyarakat. Program ini mempermudah masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari kantor Disdukcapil dan kantor kecamatan yang sulit sinyal, pesisir pantai, lebak dan sungai.

“Program ini sudah berjalan selama dua tahun terakhir. Kita ingin memastikan tidak ada lagi masyarakat OKI yang belum memiliki dokumen kependudukan. Semoga Program ini sangat membantu masyarakat dalam melengkapi dokumen kependudukan,” ungkapnya.

Pelayanan Kelades Semedi juga menyasar warga berkebutuhan khusus yang sulit melakukan perekaman di kantor Dukcapil. Untuk melayani mereka, petugas harus sabar, mengarahkan gaya, hingga foto terbaik sesuai standar perekaman didapat. (dhi/mis)

Komentar

Berita Hangat Lainya