Kilang Pertamina Plaju Suplai Bantuan Logistik Untuk Pejuang Pemadaman Karhutla di Sumsel

Kota Palembang203 Dilihat

SUARAPUBLIK ID, PALEMBANG – Sebagai wujud empati dan kepedulian perusahaan, Kilang Pertamina Plaju (PT Kilang Pertamina Internasional) terus membantu meringankan tugas para Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel.

Setelah beberapa sebelumnya tim Fireman dan Medical diturunkan di Kabupaten OKI untuk membantu Manggala Agni dalam pemadaman, Kemarin (6/10/2023), Kilang Pertamina Plaju juga membantu persediaan logistik, 100 paket peralatan safety berupa masker, kacamata google serta sepatu tahan api.

Selain itu, bantuan logistik juga mencakup 5 pompa pemadam kebakaran, serta paket sembako, vitamin dan air mineral dan susu steril.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari menjelaskan, komitmen perusahaan dalam mendukung pemadaman Karhutla didasari Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Baca Juga :  Ada Dugaan Main Mata, K MAKI Minta Dermaga Batu Bara PT RMK Ditutup Permanen

“Kami ingin turun bersama-sama dalam upaya membantu pemerintah menyelamatkan lingkungan, serta mendukung penuh setiap agenda-agenda mewujudkan keberlanjutan dalam menjaga bumi,” kata Rachmi didampingi Emergency Insurance Section Head Yudi Prasetiyo, usai menyerahkan suplai logistik di Kantor Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan, Lahan (PPIKHL) Sumatera, Jumat (6/10/2023).

Menurutnya, komitmen penuh Kilang Pertamina Plaju ini juga merupakan bagian dari gerakan tanggap kebencanaan.

Kepala PPIKHL Wilayah Sumatera KLHK, Ferdian Krisnanto menyambut baik bantuan logistik dari Kilang Pertamina Plaju. Ia mengatakan, banyaknya personel yang disiagakan untuk penanggulangan Karhutla di beberapa kabupaten di Sumsel seperti Musi Banyuasin, Banyuasin, Lahat dan OKI, memang membutuhkan dukungan dari pihak lain, termasuk perusahaan dalam penyediaan logistik.

Baca Juga :  Perindah Wajah Kota Palembang, 21 Halte di Palembang Dibongkar

“Sebanyak 300 anggota kita disiagakan untuk penanggulangan di Daerah Muba, Banyuasin, Lahat dan OKI,” kata Ferdian.

Apalagi, sambungnya, kondisi asap karena Karhutla, kian mengkhawatirkan bagi keselamatan tim yang sejak 25 hari terakhir disiagakan di lokasi.

“Bantuan pompa dapat mempercepat pemadaman di lokasi kebakaran lahan gambut, sementara bantuan logistik juga dibutuhkan untuk menjadi pendukung bagi tim saat melakukan pemadaman,” kata dia.

Ia juga berterimakasih atas kepedulian dan empati Kilang Pertamina Plaju dalam bahu-membahu bersama menangani Karhutla.

Sebelumnya, Kilang Pertamina Plaju juga telah membantu pemadaman dengan menurunkan personil fireman di 17 titik, ditambah bantuan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin, serta membantu masyarakat dengan peralatan pemadam kebakaran seperti Motor Damkar Wak Jago yang dilengkapi selang dan Alat Pelindung Diri.

Baca Juga :  Ganjar Crivisaya Adakan Pelatihan Latte Art di Palembang

Dukung SDGs dan ESG

Soal komitmen pada pelestarian hutan dan lahan dari Karhutla ini, Kilang Pertamina Plaju turut mendukung tercapainya tujuan ke 15 dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yakni melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan dan mengelola hutan secara lestari.

Kilang Pertamina Plaju juga dengan ini telah turut mendukung terpenuhinya aspek Environmental, Social & Governance (ESG) dalam upaya mendukung pelestarian lingkungan.

    Komentar