Jelang Musim Hujan, Walikota Petakan Titik Rawan Banjir di Palembang

Kota Palembang181 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memprediksi akan ada banyak genangan air saat musim hujan dengan intensitas yang yang tinggi. Ini setelah  kemarau panjang melanda kota Palembang.

Penjabat (Pj) Walikota Palembang Ratu Dewa, mulai mengantisipasi akan banyaknya genangan baru di beberapa titik wilayah yang tersebar di 18 Kecamatan yang ada. Terlebih musim hujan yang akan diprediski melanda pada bulan November mendatang akan serentak dengan pasang air Sungai Musi.

“Kita sudah menyiapkan segala kemungkinan dalam menghadapi musim hujan,” kata Dewa, Kamis (12/10/2023), saat operasi pasar murah di kantor Lurah 30 Ilir Kecamatan Ilir Barat (IB) 2 Palembang.

Baca Juga :  Pemkot Anggarkan Rp 6 Miliar Tanggulangi Kabut Asap

Tak hanya pemetaan titik rawan banjir, pihaknya juga melakukan sosialisasi tanggap banjir kepada warga hingga memetakan kawasan yang berpotensi genangan air.

“Dalam waktu dekat kita akan kumpulkan semua camat untuk melakukan pemataan kawasan yang rawan banjir,” tegas Dewa.

Tidak kalah penting, Ratu Dewa menegaskan, Pemkot Palembang melalui dinas terkait untuk mencegah terjadinya banjir di musim hujan kali ini salah satunya melakukan pendalam kolam retensi yang ada.

“Kita lakukan pengerukan sedimen lumpur dan sampah dengan alat berat akan dilakukan secara masif, lengerukan ini upaya untuk mencegah banjir saat musim hujan nanti,” terang Dewa.

Baca Juga :  Hujan Mulai Mengguyur Beberapa Daerah, Katanya Dampak TMC

“Nah, musim hujan kali ini, juga diprediksi disertai angin kencang tentunya akan berpotensi pada pohon tua yang banyak tersebar dijalan jalan utama di kota ini,” sambung Dewa.

“Bila perlu akan ada pemangkasan pohon yang berpotensi.tumbang agar tidak membahayakan pengguna jalan,” tutur Dewa. (ANA)

    Komentar