Jadi Kota Terakhir Rangkaian Borobudur Marathon 2023, Friendship Run ala Bank Jateng Diikuti Ribuan Runner Palembang

Kota Palembang250 Dilihat
SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG- Menjadi Kota Terakhir dari 10 kota yang ikut memeriahkan rangkaian Borobudur Marathon sebelum puncak acara pada 19 November 2023 nanti di Magelang, Antusias runner Sumatera Selatan mengikuti Bank Jateng Friendship Run di tengah kabut asap yang melanda Kota Palembang patut diapresiasi.
Setidaknya ada 1000 Pelari yang mengikuti Friendship Run Bank Jateng yang dengan rute sepanjang 5 Kilometer. Dengan Start dan Finis di halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel, Minggu (1/10/2023).
“Kita melihat antusias runner di Kota Palembang cukup ramai dan meriah, meski terkendala kabut asap. Kota Palembang menjadi yang ke-10 sekaligus puncak terakhir menuju 19 November 2023 (Borobudur Marathon 2023),” ujar Aris Setiawan, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jateng.
Berbeda dengan rangkaian di kota lainnya, Palembang sebagai penutup kegiatan menggelar parade jersey Bank Jateng Friendship Run dari 10 kota dengan model dari perwakilan komunitas Palembang. Parade jersey dibuka dengan Tari Kuntulan Magelang Medley.
Jersey dalam parade di desain khusus seniman asal Magelang, Utami Atasia Ishii. Desain 10 jersey Bank Jateng Friendship Run berkonsep kesatuan, dimana semuanya akan bertemu di titik terakhir Borobudur Marathon 2023 yang akan menjadi saksi penyuaraan kesatuan dari peleburan berbagai macam budaya.
Pada gelaran ini juga diluncurkan official merchandise Borobudur Marathon 2023, kolaborasi Aspro dan Mizuno. “Kita juga ada misi mengenalkan kebudayaan, kuliner lokal Magelang dan wisata Candi Borobudur ke seluruh Indonesia,” tambahnya.
Dalam roadshow yang dilakukan di 10 kota, jumlah pendaftar kegiatan mencapai 25 ribu pelari. Namun, hanya 10 ribu peserta yang diambil. “Kita menggelar kegiatan di 10 kota untuk mengakomodir peserta lain yang tidak bisa ikut ke Magelang. Yang tidak bisa ke Magelang bisa menikmati kegiatan di kota lain,” Vice GM Event Harian Kompas, Budhi Sarwiadi.
Sehari sebelumnya, Sabtu (30/9) digelar The Tour untuk menghidupkan ekosistem lari di Indonesia. The Tour diselenggarakan mandiri oleh 10 perwakilan komunitas di Palembang. Selain itu, dilakukan pula sharing session, games dan doorprize slot berlari di Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. Sekaligus mengajak komunitas lari untuk mempersiapkan diri menyambut Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.
Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan dilaksanakan satu hari dengan kategori marathon, half marathon dan 10K untuk umum nasional dan internasional. “Untuk slot pelari asal Kota Palembang dalam kegiatan ini akan diambil tiga orang dengan sistem diundi,” tukasnya.
Sebelumnya, kegiatan dilakukan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin dan Medan. Pelaksanaam tahun ini yang ketujuh digelar, tahun lalu rangkaian kegiatan hanya di lima kota. “Insya Allah tahun depan minimal digelar di 10 kota juga, kita harapkan bisa bertambah terus,” tutupnya.

    Komentar