Hujan Mulai Mengguyur Beberapa Daerah, Katanya Dampak TMC

Kota Palembang199 Dilihat

SUARAPUBLIK.ID, PALEMBANG -Setelah hujan di wilayah Ogan Ilir, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel sedikit mereda. Hari ini, Hujan yang intens terjadi di Tanjung Batu dan Muara Kuang di Kabupaten Ogan Ilir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, M Iqbal Alisyahbana, menyatakan bahwa sebagian wilayah di OKU juga mengalami hujan. Di sejumlah wilayah Karhutla, hujan juga diantisipasi di beberapa tempat.

Selasa (10/10), Iqbal mengatakan, “OI sudah terinfo hujan lebat. Pastinya, titik Karhutla sudah berkurang karena adanya hujan ini,” kata Iqbal, Dia juga masih menunggu informasi lebih lanjut tentang di mana hujan turun.

Baca Juga :  Dukung Percepatan Ekosistem Halal di Sumatera Selatan, Bank Indonesia Kembali Menggelar Syariah Festival Sriwijaya 

“Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari lapangan, dan kami berharap juga hujan di Desa Jungkal, OKI,” jelasnya. Ia menyatakan bahwa upaya teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang dilakukan sejak 1 Oktober lalu mungkin bertanggung jawab atas hujan yang terjadi di beberapa daerah.

Sehari sebelumnya, hujan juga turun di beberapa daerah di Banyuasin, Palembang, dan OKI. Iqbal mengatakan, meskipun hujan tidak merata, itu mungkin mengurangi ISPU (indeks standar pencemar udara), dan “diharapkan juga bisa mengurangi titik api,” terangnya.

Baca Juga :  Pj Wako Palembang Berikan Apresiasi Atlet Taekwondo Palembang

Dia juga menyatakan bahwa pihaknya terus berusaha melakukan semua upaya yang mungkin untuk menyelesaikan Karhutla dengan cepat, termasuk TMC, hingga 12 Oktober mendatang.

Dia juga menyatakan bahwa pihaknya terus berusaha melakukan semua upaya yang mungkin untuk menyelesaikan Karhutla dengan cepat, termasuk TMC, hingga 12 Oktober mendatang.

Menurut Sinta Andayani, Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, penerapan TMC meningkatkan kemungkinan hujan saat ini.

“Pelaksanaan TMC meningkatkan kemungkinan hujan, sehingga turun hujan di beberapa daerah,” katanya. Dari model prakiraan potensi hujan hari ini, dia mengatakan kemungkinan akan berkurang setelah itu.

Baca Juga :  Jumlah lahan yang terbakar di Sumsel meningkat pesat

Karena saat ini masih musim kemarau, mungkin tidak hujan setiap hari. “Lalu intensitanya memang masih ringan hingga sedang. Durasinya juga tidak lama,” katanya.

    Komentar