Emban Tugas Berat, Kepala Desa Dituntut Bersinergi dengan Masyarakat

SUARAPUBLIK.ID, OKI — Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Iskandar, mengingatkan Kepala Daerah akan tugas berat yang tengah menanti setelah resmi dilantik. Kepala Daerah dituntut dapat mengayomi dan menjalin komunikasi yang baik terhadap masyarakat.

“Kepada Kepala Desa yang dilantik, harus diketahui bahwa pekerjaan yang sangat berat telah menanti saudara sesuai dengan janji dan sumpah yang telah diucapkan,” kata Iskandar, saat melantik Kepala Desa terpilih di Kecamatan Jejawi, Tanjung Lubuk dan Teluk Gelam, di Jejawi OKI, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga :  Diterpa Isu Dugaan Pungli dan Pemberian Upeti, Ini Penjelasan KPU OKI

Kepala Desa yang dilantik antara lain, Kepala Desa Jejawi dan Talang Cempedak Kecamatan Jejawi, Desa Juk Dadak, Seri Tanjung Suka Mulya, Bumi Agung Kecamatan Tanjung Lubuk dan Desa Kuripan Kecamatan Teluk Gelam.

Iskandar mengatakan, kepala desa merupakan aparatur pelayanan terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Ada yang ribut-ribut Kades yang dicari, mau berobat, ada yang meninggal, bahkan mau menikah pun Kades yang dicari. Sungguh berat tugas Kepala Desa,” ujar Iskandar.

Untuk itu, dia berpesan bagi Kepala Desa yang sudah dilantik agar bersinergi dengan warganya sendiri sehingga terjalin komunikasi yang baik.

Baca Juga :  Diterpa Isu Dugaan Pungli dan Pemberian Upeti, Ini Penjelasan KPU OKI

”Rangkul para Cakades yang tidak terpilih dan bina hubungan baik untuk membangun Desa masing-masing dan ciptakan kerukunan di Desa,” pesannya.

Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah kepada Kepala Desa, Iskandar menyebut terus meningkatkan kesejahteraan Kepala Desa beserta perangkatnya.

“Dulu gaji kades di OKI berkisar Rp1,5 juta secara perlahan kita tinggatkan berkisar Rp3 juta saat ini,” ungkap Iskandar.

Iskandar juga berharap kepada masyarakat untuk mendukung program dan kebijakan kepala desa terpilih agar pembangunan desa cepat terealisasi.

“Kalau kita hidupkan lagi azaz gotong royong, kebersamaan setiap permasalahan di desa tentu akan teratasi,” kata Iskandar. (ANA)

    Baca Juga :  Diterpa Isu Dugaan Pungli dan Pemberian Upeti, Ini Penjelasan KPU OKI

    Komentar